Tautan-tautan Akses

Angela Merkel Yakin Menangkan Pemilu untuk Masa Jabatan Keempat


APTOPIX Germany Election

Kanselir Jerman Angela Merkel ketika memberikan suara di Berlin, hari Minggu (24/9), yakin bahwa bersama blok konservatifnya ia akan memenangkan pemilu pada saat-saat terakhir untuk masa jabatan keempat. Partai nasionalis anti-migran Alternative for Germany tampaknya juga yakin akan memenangkan kursi di parlemen untuk pertama kalinya.

Merkel yang mengkampanyekan kinerjanya sebagai kanselir selama 12 tahun ini, menekankan pada tingkat pengangguran yang rendah, pertumbuhan ekonomi yang kuat, anggaran yang seimbang dan pentingnya peningkatan hubungan internasional. Hal-hal ini membantu mempertahankan posisi blok konservatif pimpinannya di puncak jajak-jajak pendapat terhadap penantangnya dari blok sosial-demokrat kiri-tengah Martin Schulz.

Di Berlin, yang pada hari Minggu (24/9) juga sedang berlangsung maraton tahunan, banyak jalan ditutup dan sejumlah pemilih harus melewati jalur maraton ketika para pelari melintasi jalan-jalan menuju ke ibukota Jerman. Suasana menjadi sangat meriah ketika beberapa kelompok band bermain di sudut-sudut jalan dan orang-orang bersorak-sorai sambil bertepuk tangan.

Marathon Berlin, Jerman, Minggu, 24 September 2017.
Marathon Berlin, Jerman, Minggu, 24 September 2017.

Merkel tiba Minggu siang untuk memberikan suara bersama suaminya Joachim Sauer, yang melindunginya dari udara dingin dengan payung. Merkel mengganggukkan kepala dan tersenyum ke arah wartawan tetapi tidak menyampaikan komentar apapun.

Sementara Schulz memberi suara bersama istrinya Inge di kota kelahirannya Wuerselen di bagian barat Jerman.

Blok konservatif Merkel, Christian Democratic Union, dan partai khusus Bavaria yang berafiliasinya dengannya, Christian Social Union, telah memerintah negara itu selama empat tahun terakhir, dalam apa yang kerap disebut oleh kelompok sosial-demokrat sebagai “koalisi besar”. Sebagian orang meramalkan bahwa koalisi itu akan memenangkan suara mayoritas, tetapi mungkin dengan kombinasi pemerintah koalisi.

Jajak pendapat terakhir menunjukkan blok konservatif Merkel meraih dukungan 34-37 persen suara, sementara blok sosial-demokrat kiri-tengah meraih 21-22 persen suara; disusul blok anti-imigran Alternative for Germany atau AfD dengan 10-13 persen suara atau berarti cukup untuk masuk ke parlemen. Jika hal ini terjadi maka akan menjadikan AfD sebagai partai sayap kanan pertama di parlemen dalam hampir enam puluh tahun. [em/al]

XS
SM
MD
LG