Tautan-tautan Akses

Merkel Menangkan Pemilu untuk Masa Jabatan Keempat


Angela Merkel memenangkan masa jabatan keempat sebagai kanselir Jerman, hari Minggu (24/9).

Angela Merkel telah memenangkan masa jabatan keempat sebagai kanselir Jerman dalam pemilu federal yang hasilnya tampak tak terelakkan lagi sejak dimulainya kampanye tiga bulan lalu. Tetapi partai Christian Democrats yang berkuasa memperoleh hasil yang lebih rendah dibanding perkiraan, sementara partai sayap kanan yang populis meraih suara yang lebih besar dibanding perkiraan sejumlah besar jajak pendapat.

Proyeksi yang biasanya didasarkan pada survei cepat yang dikeluarkan tak lama setelah TPS-TPS ditutup menunjukkan bahwa Partai Christian Democratic Union pimpinan Merkel dan sebuah partai Bavaria yang berafiliasi dengannya – Christian Social Union – meraih 32,5% suara, menjadikan Merkel menjadi salah satu dari hanya tiga tokoh kanselir pasca perang yang memenangkan pemilu untuk masa jabatan keempat.

Sejumlah jajak pendapat memperkirakan Christian Democratic Union dan Christian Social Union akan meraih suara antara 36-39 persen.

Dengan jumlah suara yang lebih rendah bagi Christian Democratic Union dan suara yang lebih kuat dibanding perkiraan bagi partai populis sayap kanan Alternative for Germany AfD, maka kemenangan Merkel terasa pahit.

“Kami berjuang bagi Jerman yang hidup bahagia dan baik,” ujar Merkel di markasnya. Tetapi ia mengakui adanya “tantangan baru dalam bentuk AfD”, dan menambahkan bahwa “kami ingin memenangkan kembali pemilih AfD, jadi kami akan memperhatikan masalah mereka.”

AfD dengan mudah meraih ambang batas lima persen yang dibutuhkan untuk menduduki kursi di Bundestag (Parlemen). Merkel dipersalahkan karena secara tidak langsung mendorong kebangkitan AfD, akibat kebijakan pintu terbuka bagi pengungsi perang dari Timur Tengah pada tahun 2015.

Jajak pendapat menunjukkan AfD meraih 13,4% suara nasional, yang pertama sejak kelompok nasional memasuki parlemen Jerman sejak era Nazi. [em/al]

XS
SM
MD
LG