Tautan-tautan Akses

Penamaan Jalan Michael Jackson Dibatalkan


Michael Jackson di panggung Grammy Awards ke-26 bersama dengan saudara-saudara perempuannya, dari kiri Maureen “Rebie,” Janet dan La Toya di Los Angeles, 29 Februari 1984. (Foto: AP/dok)
Michael Jackson di panggung Grammy Awards ke-26 bersama dengan saudara-saudara perempuannya, dari kiri Maureen “Rebie,” Janet dan La Toya di Los Angeles, 29 Februari 1984. (Foto: AP/dok)

Rencana untuk menamai sebuah jalan di Kota Detroit dengan nama Raja Musik Pop dibatalkan, Rabu (13/6/2018), kantor berita AFP melaporkan.

Michael Jackson Avenue seharusnya diresmikan Jumat (15/6/2018) di Kota Detroit yang dijuluki Motor City itu, pada saat yang sama saudara-saudara Jackson lainnya bersiap untuk tampil di konser akhir pekan.

Tetapi upacara itu dibatalkan, karena anggota Jackson-5 bersaudara itu, di mana Michael Jackson memulai kariernya, bertanya-tanya mengapa seluruh kelompok penyanyi itu tidak mendapat penghormatan.

Menurut peraturan kota, nama jalan tidak boleh diberikan kepada kelompok atau organisasi, hanya kepada perorangan, kata surat kabar Detroit Free Press.

Seorang pejabat kota mengatakan kepada surat kabar itu, upacara pemberian nama dibatalkan sambil mencari pemecahannya.

"Kami sedang mengerjakan prosesnya," kata Stephen Grady kepada Free Press.

Penamaan jalan itu diumumkan pertengahan Mei, dalam sebuah konferensi pers dihadiri oleh dua dari anggota Jackson-5.

Penghormatan itu sedianya dilakuan 50 tahun setelah kelompok penyanyi bersaudara itu memulai karier mereka dengan audisi kontrak rekaman yang sukses di Kota Detroit. Detroit sendiri kaya sejarah dalam membesarkan penyanyi Amerika.

Tetapi Marlon dan Jackie Jackson mengatakan kepada wartawan pada Mei lalu, mereka ingin seluruh anggota kelompok menerima penghormatan yang sama. Michael Jackson, yang memulai karirnya dalam grup itu, menjadi salah satu penyanyi paling terkenal dalam sejarah musik pop.

Dia meninggal 2009 dalam usia 50 tahun akibat overdosis obat yang fatal, termasuk anestetik propofol yang kuat.

Seandainya nama jalan itu jadi diresmikan, nama raja pop itu akan berada di dekat jalan nama Ratu penyanyi Soul, Aretha Franklin, yang diresmikan tahun lalu. [ps/ii]

XS
SM
MD
LG