Tautan-tautan Akses

Pemimpin Samsung Lee Kun-hee Tutup Usia


Lee Kun-Hee (kiri), pimpinan Samsung, 22 April 2008. (Foto: AFP)

Perusahaan asal Korea Selatan, Samsung Group, mengatakan pemimpin karismatiknya Lee Kun-hee menghembuskan nafas terakhirnya pada Minggu (25/10). Lee telah dirawat di rumah sakit karena serangan jantung selama enam tahun.

Reuters melaporkan, Lee yang berusia 78 tahun, membantu menumbuhkan bisnis perdagangan mie ayahnya, Lee Byung-chull, menjadi pembangkit tenaga listrik dengan aset senilai sekitar $ 375 miliar, dengan lusinan afiliasi mulai dari elektronik dan asuransi hingga pembuatan kapal dan konstruksi.

"Lee adalah sosok simbolis dalam kebangkitan spektakuler Korea Selatan dan bagaimana Korea Selatan merangkul globalisasi, sehingga kematiannya akan dikenang oleh begitu banyak orang Korea," kata Chung Sun Sup, Kepala Eksekutif Chaebul.com.

Lee tercatat sebagai orang terkaya di Korea Selatan dengan kekayaan bersih $ 20,9 miliar menurut Forbes. Dia adalah pemimpin generasi kedua dari konglomerasi yang dikendalikan keluarga Korea Selatan yang meninggal. Kematiannya akan meninggalkan masalah suksesi yang berpotensi pelik untuk generasi ketiga.

Putra Lee, Jay Y. Lee, terlibat dalam masalah hukum terkait penggabungan dua afiliasi Samsung yang membantu Lee mengambil kendali yang lebih besar atas Samsung Electronics, andalan grup tersebut.

“Lee adalah seorang visioner sejati yang mengubah Samsung menjadi inovator dan pembangkit tenaga industri terkemuka dunia dari bisnis lokal. Deklarasi tahun 1993 tentang 'Manajemen Baru' adalah pendorong yang memotivasi dari visi perusahaan untuk memberikan teknologi terbaik guna membantu memajukan masyarakat global, " kata Samsung dalam sebuah pernyataan.

Selama masa hidupnya, Samsung Electronics berkembang dari pembuat TV lapis kedua menjadi perusahaan teknologi terbesar di dunia berdasarkan pendapatan - mengalahkan merek Jepang Sony, Sharp Corp dan Panasonic Corp dalam chip, TV, dan layar; mengakhiri supremasi handset Nokia Oyj dan mengalahkan Apple Inc di ponsel pintar. [ah]

Recommended

XS
SM
MD
LG