Tautan-tautan Akses

Pemilihan Gubernur Jakarta Maju ke Babak Kedua Bulan April


Suasana penghitungan suara secara langsung (Real Count) di kantor KPU, Jakarta, 15 Februari 2017 (Foto: VOA/Agus).

Hasil penghitungan cepat pemilihan gubernur ibukota Indonesia, Jakarta, memberi indikasi bahwa pemilihan akan maju ke pemilihan babak kedua bulan April.

Hasil jajak pendapat menunjukkan Gubernur Basuki Ahok Tjahaja Purnama sedang unggul dengan perolehan di atas 40 persen suara. Anies Baswedan menempati kedudukan kedua dengan beberapa persen di bawah perolehan Ahok, sementara Agus Harimurti Yudhoyono nomor tiga dengan kira-kira 15 persen suara. Hasil resmi akan dikeluarkan tanggal 27 Februari.

Purnama, gubernur patahana, adalah keturunan Tionghoa dan beragama Kristen, yang membuatnya dua kali minoritas. Walaupun ia popular di kalangan penduduk golongan menengah atas usahanya menumpas korupsi dan meningkatkan mutu kehidupan, tuduhan-tuduhan penistaan agama, yang merupakan pelanggaran pidana yang dilontarkan terhadap dirinya, muncul bulan September dan ia sekarang ini sedang diadili.

Kedua saingan Purnama adalah Muslim.

Kalau tidak ada calon yang meraih 50 persen suara, pemilihan babak kedua akan diadakan bulan April untuk menentukan pemenang terakhir antara dua calon teratas dalam perolehan suara dalam pilkada hari Rabu. [gp]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG