Tautan-tautan Akses

Pilkada Digelar di Berbagai Daerah, Jakarta Jadi Barometer


Gubernur Jakarta Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama dan istrinya Veronica memberikan suara di TPS Pantai Mutiara, Jakarta Utara (15/2). (Courtesy: Tim Pemenangan Badja)

Warga sudah memadati tempat-tempat pemungutan suara sejak pagi dan antre begitu TPS dibuka.

Hari ini (15/2), pemungutan suara dilakukan serentak di 101 wilayah Indonesia untuk memilih kepala daerah.

Menurut data yang diterima VOA, sedikitnya ada tujuh provinsi, 76 kabupaten dan 18 kota yang menggelar pemungutan suara itu. Salah satu yang paling menarik perhatian adalah pemilihan gubernur Jakarta, yang dianggap sebagai barometer arah pergerakan politik Indonesia menjelang pemilihan legislatif dan pemilihan presiden tahun 2019.

Pilkada Jakarta dimulai pukul 07.00 hingga 13.00 WIB. Warga sudah memadati tempat-tempat pemungutan suara sejak pagi dan antre begitu TPS dibuka.

“Saya lega betul, rasanya seperti menunaikan tugas negara," ujar Agus, warga di TPS 12 Tanjung Duren Selatan, Jakarta Barat, yang dihubungi VOA melalui telepon.

Calon gubernur Jakarta Anies Baswedan bersama istri dan putrinya memberikan suara di sebuah TPS (15/2). (Courtesy:Tim Pemenangan Anies-Sandi)
Calon gubernur Jakarta Anies Baswedan bersama istri dan putrinya memberikan suara di sebuah TPS (15/2). (Courtesy:Tim Pemenangan Anies-Sandi)

Sementara Yessy Maryam yang memilih di TPS 17 Kedoya, Jakarta Barat mengatakan, “saya merasa harus memberi suara kali ini karena butuh orang yang punya kapasitas untuk memimpin dan mengurus birokrasi daerah ini."

Para pasangan calon gubernur dan wakil gubernur tentunya juga sudah tidak sabar memberikan suara mereka. Cagub nomor urut satu, Agus Harimurti Yudhoyono dan istrinya Annisa Pohan, memberikan suara di TPS 6, Rawa Barat, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan. Sementara pasangan calon wakil gubernur Sylviana Murni bersama suaminya Gde Sardjana memberikan suara di TPS 103, Duren Sawit, Jakarta Timur.

Cagub DKI Jakarta nomor urut dua, petahana Basuki "Ahok" Tjahaja Purnama datang ke TPS bersama istrinya Veronica Tan dan putra sulungnya Nicholas Sean, yang baru pertama kali memberikan suara.

Ketiganya berjalan kaki dari rumah mereka di Perumahan Pantai Mutiara, diiringi puluhan wartawan yang sudah menunggu sejak pagi. Perjalanan menuju ke TPS yang hanya berjarak sekitar 500 meter itu sempat beberapa kali terhenti karena banyaknya warga yang ingin foto bersama keluarga Ahok. Sementara itu pasangan Ahok, cawagub Djarot Saiful dan istrinya Happy Farida memberikan suara di TPS 08 Setia Budi, Jakarta Selatan.

Calon gubernur Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono bersama istri memberikan suara di sebuah TPS (15/2). (Courtesy: Anung Anindito)
Calon gubernur Jakarta Agus Harimurti Yudhoyono bersama istri memberikan suara di sebuah TPS (15/2). (Courtesy: Anung Anindito)

Cagub DKI Jakarta nomor urut tiga Anies Baswedan bersama istrinya Ferry Farhati dan putrinya Mutiara Baswedan memberikan suara di TPS 028 Cilandak Barat, Jakarta Selatan. Sementara cawagub Sandiaga Uno bersama keluarga datang ke TPS di Kebayoran Baru, Jakarta Selatan.

Semangat dan antusiasme warga untuk memberikan suara menunjukkan besarnya rasa tanggung jawab mereka untuk mencari pemimpin yang terbaik. Karenanya tak heran jika selepas mencoblos dan menyelupkan kelingking ke tinda berwarna ungu, warga berfoto dengan gembira. Sebagian diantara mereka sudah bersiap menggelar “nonton bareng” penghitungan suara di kelurahan atau di tempat terbuka lain.

XS
SM
MD
LG