Tautan-tautan Akses

Pemerintah Amerika Putuskan Tidak Karantina Pasien Virus Korona di California


Penumpang memakai masker untuk melindungi dari penyebaran virus korona ketika mereka tiba di Bandara Internasional Los Angeles, California, 22 Januari 2020. (Foto: AF)

Pemerintah Amerika mengatakan tidak akan mengirim pasien-pasien yang telah dinyatakan positif mengidap virus korona dan harus dikarantina ke kota di selatan California karena putusan pengadilan yang memblokir kebijakan itu.

Pemerintah federal hari Jum’at (28/2) mengatakan pihaknya telah memutuskan untuk tidak menggunakan lokasi di Costa Mesa untuk karantina lagi, setelah seorang hakim federal menghentikan untuk sementara waktu penggunaan lokasi itu.

Pemeritah Amerika berencana menggunakan Fairview Developmental Center, yang merupakan milik negara, untuk merumahkan orang-orang yang dievakuasi dari kapal pesiar “Diamond Princess” dan dinyatakan positif mengidap virus korona tetapi tidak membutuhkan perawatan rumah sakit.

Pejabat-pejabat lokal di Costa Mesa mengajukan gugatan hukum terhadap keputusan pemerintah mengirim pasien-pasien yang dikarantina ke kota itu, dengan mengatakan pejabat-pejabat federal dan negara bagian itu tidak mengkoordinasikan keputusan menggunakan fasilitas itu. Mereka menggambarkan Fairview Developmental Center sebagai fasilitas yang “bobrok” dan tidak mampu menangani pasien penderita penyakit menular.

Fasilitas itu sebelumnya merupakan fasilitas bagi warga difabel, tetapi kini tidak digunakan lagi.

Seorang hakim federal awal pekan ini memblokir rencana untuk memindahkan pasien-pasien penderita virus korona ke fasilitas itu hingga pejabat-pejabat federal dan negara bagian mampu menjawab pertanyaan tentang rencana mereka itu pada warga kota Costa Mesa. “Ketika keputusan dibuat dalam keadaan tergesa-gesa, kesalahan pun terjadi,” ujar hakim distrik Josephine Staton.

Kota-kota di dekat Costa Mesa, termasuk Newport Beach, Huntington Beach dan Laguna Beach, juga telah mengajukan gugatan hukum serupa Kamis lalu (27/2) untuk mendukung Costa Mesa. Mereka menilai fasilitas karantina yang diusulkan pemerintah terletak di sebuah pemukiman warga dan belum ada rencana rinci yang disampaikan pejabat-pejabat negara bagian dan lokal tentang bagaimana melindungi warga masyarakat sekitar fasilitas itu dari virus mematikan tersebut.

Sejumlah pakar hukum mengaakan Costa Mesa mungkin tidak akan menang di pengadilan, karena kota biasanya tidak dapat mengesampingkan keputusan negara bagian dan pemerintah federal. Sidang pengadilan dijadwalkan berlangsung Senin depan (2/3).

Lebih dari 300 penumpang kapal pesiar “Diamond Princess” di Jepang telah dievakuasi dan dikarantina di sebuah pangkalan militer Amerika di bagian utara California dan Texas. [em/ah]

XS
SM
MD
LG