Tautan-tautan Akses

AS

Pelosi Akan Kirim Pasal-pasal Pemakzulan Trump ke Senat Pekan Depan


Ketua DPR Nancy Pelosi ketika memberi ketarangan dengan wartawan menyusul meningkatnya ketegangan antara AS dan Iran, Kamis, 9 Januari 2020, di Capitol Hill di Washington. (Foto: AP/J. Scott Applewhite)

Ketua DPR Amerika Nancy Pelosi mengatakan Jumat (10/1), ia akan mengirim kedua pasal pemakzulan atas Presiden Trump kepada Senat pekan depan. Hal itu dilakukan untuk mengakhiri kebuntuan dengan Senat yang dikuasai Partai Republik.

“Saya telah minta kepada Ketua Komite Yudisial Jerry Nadler untuk menyiapkan sebuah resolusi guna mengangkat pejabat yang akan mengurus persidangan dalam Senat itu dan mengirim pasal-pasal pemakzulannya,” kata Pelosi dalam surat kepada rekan-rekannya di kelompok Demokrat.

Pelosi dan pemimpin mayoritas Senat Mitch McConnell dari Partai Republik telah bersilang kata tentang masalah itu dan merisaukan banyak anggota Kongres selama tiga minggu, sejak DPR memutuskan akan memakzulkan Trump.

Pelosi tidak menjelaskan kapan kelompok Demokrat akan menyerahkan pasal-pasal pemakzulan itu. Pelosi dan pemimpin kelompok Demokrat dalam Senat Chuck Schumer telah berusaha mendesak McConnell untuk memanggil saksi-saksi dan menyerahkan bahan-bahan bukti lainnya supaya pengadilan oleh Senat itu bisa berlangsung adil, tapi McConnell menolaknya.

McConnell mengatakan ia ingin pengadilan berlangsung cepat tanpa memanggil saksi-saksi, tapi pihak Demokrat mengatakan ada bukti-bukti yang baru muncul tentang tuduhan pemakzulan itu. [ii/pp]

Lihat komentar (1)

XS
SM
MD
LG