Tautan-tautan Akses

Pelanggan Berkesempatan Coba Teknologi Alexa dalam Model Rumah “Pintar” Amazon


Petunjuk-petunjuk tentang cara penggunaan asisten pribadi Alexa milik Amazon tampak dalam “pusat pengalaman bagi pelanggan” milik Amazon di Vallejo, California, 8 Mei 2018 (foto: REUTERS/Elijah Nouvelage)

Amazon.com Inc hari Rabu menyatakan pihaknya telah mempersiapkan model rumah-rumah “pintar” di seluruh penjuru Amerika Serika yang memungkinkan para pelanggannya untuk mencoba merasakan teknologi berbasis suara Alexa yang dapat diperintah untuk meredupkan lampu, menyalakan televisi, atau memesan sabun cuci.

Peluncuran model rumah pintar ini menekankan tujuan Amazon untuk membuat Alexa dan daftar layanan perusahan yang semakin bertambah, dari berbelanja hingga hiburan dan keamanan rumah, menjadi bagian sehari-hari kehidupan para konsumennya. Strategi ini juga meningkatkan kompetisi dengan para pengecer lainnya seperti Best Buy Co Inc yang berfokus pada menyajikan teknologi dan memberi masukan kepada para pelanggannya.

Amazon, pengecer daring terbesar di dunia, menyatakan pihaknya telah bermitra dengan Lennar Corp untuk mengubah beberapa dari rumah contoh perusahaan konstruksi perumahan menjadi ruang pamer untuk teknologi Alexa. Apa yang disebut dengan “Amazon Experience Centers” sekarang hadir di sekitar 15 kota seperti Los Angeles, Dallas, dan Washington, dengan lebih banyak lagi rumah contoh “pintar” di kota-kota lainnya.

“Saat ini, pilihan yang tersedia bagi para pelanggan adalah, anda dapat pergi ke toko konvensional dan melihat jajaran peralatan di meja peragaan. Anda menjelajah internet dan melakukan penelitian. Namun pada dasarnya anda hanya dapat membayangkan bagaimana rasanya tinggal dalam sebuah rumah yang terintegrasi,” ujar Nish Lathia, general manager untuk Amazon Services, di sebuah gerai pengalaman pelanggan milik perusahaan itu di Vallejo, Califormia di pinggiran San Fransisco.

Pusat-pusat pengalaman bagi pelanggan itu “ditujukan untuk mengedukasi dan menginspirasi. Manfaat sekundernya, ya, seandainya strategi kami tersebut dapat mendorong penjualan, kami tidak akan mengeluh,” ujarnya.

David Kaiserman, presiden direktur Lennar Ventures, mengatakan pusat-pusat pengalaman bagi pelanggan ini diperkirakan akan meningkatkan lalu-lintas pengunjung ke rumah-rumah contoh yang dibangun Lennar dan membangkitkan ide-ide bagi calon pembeli rumah. Lennar akan menerima komisi standar untuk penjualan Amazon ke pelanggannya atas usahanya untuk mendatangkan para pelanggan tersebut.

Pasar rumah pintar global diharapkan akan mencapai tingkat perkiraan penjualan senilai $107,4 milyar menjelang tahun 2023, menurut perusahaan riset pemasaran ReportLinker.

Best Buy mempertaruhkan upayanya pada tren ini. Perusahaan tersebut telah memperluas program In-Home Advisor di semua pasar-pasar utama di AS dan mempekerjakan lebih dari 350 penasihat di bawah inisiatif ini, sebagaimana dinyatakan dalam laporan tahunan terbarunya.

Para pakar berkunjung ke rumah-rumah pelanggan dan berkonsultasi terkait berbagai persoalan dari peningkatan efektivitas peralatan rumah tangga hingga pemasangan perkakas yang terhubung antara satu dan lainnya – serupa intinya dengan layanan “Smart Home Services” milik Amazon yang sudah hadir selama 1,5 tahun, yang disiapkan untuk mengantisipasi peningkatan penjualan dari pusat-pusat pengalaman bagi pelanggan yang telah dibangun ini.

“Kami merasa senang dengan kehadiran program BestBuy,” ujar Lathia mewakili Amazon. “Lebih banyak pelanggan yang teredukasi tentang rumah pintar, semakin bagus hal itu bagi semua orang.”

Philippe Ferrey, seorang Pakar Amazon hadir di pusat pengalaman bagi pelanggan di Vallejo, sebelumnya bekerja untuk BestBuy sebagai seorang agen Geek Squad, ujarnya. [ww]

XS
SM
MD
LG