Tautan-tautan Akses

Pencipta Android Ungkapkan Telepon Pintar dan Peralatan Asisten Rumah Tangga Baru


Seorang wanita menggunakan telepon pintar Android di Brussels pada foto yang diambil hari Rabu, 20 April 2016 (foto: AP Photo/Geert Vanden Wijngaert)

Essential Products, sebuah perusahaan milik Andy Rubin, salah satu pencipta sistem operasi telepon Android, akan menawarkan telepon pintar kelas atas dan sebuah peralatan asisten rumah tangga baru.

Andy Rubin, salah satu pencipta sistem operasi telepon selular Android, telah meluncurkan sebuah perusahaan baru bernama Essential Products yang akan menawarkan telepon pintar kelas atas dan sebuah peralatan asisten rumah tangga baru.

Essential Products yang berkantor pusat di Palo Alto menyatakan Essential Phone yang baru menawarkan fitur layar lebar yang menutupi sebagian besar permukaan telepon, pembungkus yang terbuat dari kombinasi titanium dan keramik serta kamera ganda. Telepon tersebut akan dijual seharga $699 dan akan berjalan dengan sistem operasi Android. Harga yang ditawarkan bersaing dengan telepon-telepon pintar kelas atas seperti iPhone dan Samsung Galaxy S8.

Essential Products juga meluncurkan asisten rumah tangga yang disebut Home yang tampak mirip bola hockey dengan sudut kemiringan tertentu dan dilengkapi layar. Alat ini akan bersaing melawan Echo, produk milik Amazon, dan produk Google Home, yang masing-masing ditenagai oleh Alexa dan layanan suara Google Assistant.

Essential telah menegaskan alat yang disebut Home ini akan memberikan pilihan kepada pengguna untuk memilih di antara Alexa, Google Assistant, atau Siri. Masih belum jelas bagaimana Siri akan tersedia untuk Essential. Amazon dan Google telah merilis perangkat lunak yang dibutuhkan untuk menyematkan fitur asisten virtual mereka pada peralatan yang tidak mereka buat, semetara Apple belum mengeluarkan lisensinya.

Essential menolak untuk menguraikan lebih jauh tentang rencananya untuk menyematkan Siri di peralatan miliknya, dan Apple juga tidak bersedia untuk berkomentar.

Essential Home akan mengambil sebuah halaman dari buku permainan privasi milik Apple. Seperti sebuah iPhone, Home akan melakukan sebagian besar pemrosesan pengenalan suara dan citra di alat itu sendiri ketimbang mengirimkan datanya ke server tersendiri.

Essential juga mengatakan peralatan Home miliknya akan mampu berkomunikasi dengan peralatan rumah tangga seperti lampu dan pengatur suhu langsung lewat jaringan rumah, ketimbang mengirimkan data ke server terpisah.

Sistem Apple HomeKit mengambil pendekatan yang sama. Rubin, CEO Essential, salah satu pendiri Android dan menjualnya ke Google tahun 2005. Ia menjalankan upaya peralatan komunikasi bergerak di bawah Google hingga tahun 2013 sebelum sebuah periode singkat keterlibatannya di divisi robotika perusahaan tersebut. Ia meninggalkan Google di tahun 2014 untuk memusatkan fokusnya pada perusahaan perangkat keras. Essential didukung oleh investor seperti perusahaan teknologi asal China Tencent Holdings, kontraktor produksi iPhone yaitu Foxconn, Redpoint Ventures dan Altimeter Capital.

Essential berencana untuk mengumumkan tanggal pengapalan peralatannya pada pekan-pekan mendatang. Perusahaan tersebut tidak mengatakan apakah perusahaan itu berencana untuk menjual teleponnya langsung ke pelanggan via online atau lewat gerai fisik.

Untuk pertama kalinya Essential mengungkapkan daftar stafnya di situs web perusahaan tersebut, dengan antara lain mencantumkan nama Wolfgang Muller sebagai kepala kanal penjualan.

Sebelumnya Muller mengelola operasi toko eceran produsen telepon HTC untuk kawasan Amerika Utara, menurut profil LinkedIn nya, yang menyiratkan bahwa Essential berencana untuk menjual teleponnya lewat gerai eceran, operator, ataupun keduanya. [ww]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG