Tautan-tautan Akses

Patung Lilin Presiden Jokowi Dipamerkan di Madame Tussauds Hong Kong


Presiden Joko Widodo dan Ibu Negara, Iriana, meninjau patung lilin Presiden Joko Widodo di Museum Madame Tussauds, Hong Kong, 1 Mei 2017 (Foto Courtessy : Setpres RI)

Setelah melalui proses pembuatan selama lebih dari satu tahun, patung lilin Presiden Joko Widodo akhirnya kini bisa ditemui di Museum Madame Tussauds di Hong Kong.

“99 persen mirip!”

Demikian komentar Ibu Negara Iriana ketika melihat langsung patung lilin Joko Widodo di Museum Madame Tussauds di Hong Hong. Ia tidak dapat menyembunyikan keterkejutannya.

Figur Presiden Jokowi dihadirkan dengan mengenakan pakaian safari tangan pendek berwarna putih yang menjadi ciri khasnya dan sekaligus menjadi simbol kabinet kerja pimpinannya.

Berbeda dengan figur lain di museum itu, di belakang patung lilin Jokowi ada sebuah layar lebar dengan gambar-gambar pemandangan di Indonesia yang bisa diganti, antara lain lokasi wisata terkenal di Borobudur Jawa Tengah, Tanah Lot Bali, Danau Toba Sumatera Utara, Labuan Bajo NTT, Raja Ampat Papua, Tanjung Puting Kalimantan Tengah dan lain-lain.

Ibu Iriana Joko Widodo berada di antara patung lilin dan sosok asli Presiden Joko Widodo, di Museum Madame Tussauds, Hong Kong, 1 Mei 2017 (Foto courtesy: Setpres RI)
Ibu Iriana Joko Widodo berada di antara patung lilin dan sosok asli Presiden Joko Widodo, di Museum Madame Tussauds, Hong Kong, 1 Mei 2017 (Foto courtesy: Setpres RI)

“Saya kira ini bisa kita pakai untuk mempromosikan pariwisata di Indonesia. Seperti kita lihat sekarang ada background Borobudur. Saya minta nanti tiap bulan diganti. Jadi bisa ada Bali, Labuan Bajo, Raja Ampat, Danau Toba dst-nya,’ kata Presiden Joko Widodo.

Joko Widodo adalah presiden kedua Indonesia yang dibuatkan figur lilinnya di museum ini setelah Presiden Sukarno, dan menjadi satu-satunya kepala negara aktif di Asia Tenggara yang diabadikan di museum terkemuka itu.

‘’Kabarnya, menurut Madame Tussauds, banyak permintaan, baik dari pengunjung langsung maupun dari survei-survei yang mereka lakukan,” jelasnya.

Menurut rencana, patung lilin Presiden Joko Widodo ini juga akan disesuaikan dalam periode tertentu, tidak senantiasa menunjukkan sikap siap kerja dan berbaju putih, tapi juga bisa mengenakan batik dengan profil yang lain. Ibu Negara Iriana yang memilihkan langsung dua pasang batik, celana panjang dan sepatu yang bisa dipakaikan ke patung lilin Jokowi nanti.

“Semua ini properti kita. Saya yang memilihkan dan nanti akan dikenakan. Ada dua kemeja batik, celana panjang, dan sepatu. Semua dari kita,” jelas Ibu Iriana.

Joko Widodo dan Iriana sempat berfoto bersama dengan patung lilin baru ini, dan kemudian juga menyempatkan diri berfoto dengan patung lilin Presiden Sukarno yang letaknya tidak terlalu jauh. Foto-foto dan komentar Jokowi atas patung lilinnya itu diposting oleh pihak Museum Madame Tussauds di halaman depan website resmi mereka hari Senin, 1 Mei 2017.

Madame Tussauds memiliki museum di berbagai lokasi di Amerika, Eropa, Asia dan Australia. Khusus di Asia, museum-museum Madame Tussauds bisa ditemui di Beijing, Chongqing, Shanghai, Wuhan dan Hong Kong (China), Bangkok (Thailand), Tokyo (Jepang), New Delhi (India) dan Singapura. [em/jm]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG