Tautan-tautan Akses

Pasukan Komando Afghanistan Akhiri Serangan di Hotel


Pasukan Afghanistan berjaga-jaga di sekitar Intercontinental Hotel, 21 Januari 2018, yang diserang di Kabul, Afghanistan.

Pasukan komando Afghanistan telah mengakhiri pengepungan tadi malam di Intercontinental Hotel di Kabul yang menewaskan ke-5 penyerang bersenjata berat dan enam tamu, termasuk seorang wanita asing, kata pejabat hari Minggu (21/1).

Konsul Jenderal Afghanistan yang baru diangkat untuk kota pelabuhan Karachi di Pakistan termasuk di antara yang tewas dalam serangan di hotel tersebut.

Juru bicara Kementerian Dalam Negeri, Nasraf Rahimi, mengatakan kepada VOA penyerang yang terakhir masih hidup meledakkan dirinya kira-kira pukul 11 pagi waktu setempat, yang mengakibatkan kebakaran di lantai ke-6 dimana ia bertahan.

Rahimi mengatakan tujuh orang, termasuk 3 petugas keamanan, luka-luka dan lebih dari 161 tamu, termasuk 41 orang asing, berhasil ditolong. Beberapa karyawan maskapai penerbangan KAM kabarnya hilang setelah serangan itu. Yang hilang termasuk warga Venezuela dan Ukraina.

Pasukan keamanan melakukan penggledahan dari kamar ke kamar sebelum dengan resmi menyatakan bangunan itu sudah bersih dari sisa tersangka, katanya menambahkan.

Seorang petugas kemananan terluka dan diselamatkan dari Intercontinental Hotel di Kabul, Afghanistan, 21 Januari 2018.
Seorang petugas kemananan terluka dan diselamatkan dari Intercontinental Hotel di Kabul, Afghanistan, 21 Januari 2018.

Pasukan internasional dilaporkan membantu mitra mereka pasukan Afghanistan dalam menghadapi serangan itu.

Pemberotak Taliban mengklaim lima pembom bunuh dirinya melakukan serangan tersebut yang kata mereka menyasar pertemuan pejabat keamanan Afghanistan dan Amerika, yang menjatuhkan korban besar terhadap mereka. Taliban sering membesar-besarkan klaim korban.Tetapi beberapa wartawan Afghanistan yang meninjau tempat serangan hari Minggu melaporkan melalui media social mereka melihat puluhan mayat di dalam hotel itu. Para pejabat belum menanggapi klaim tersebut. [gp]

XS
SM
MD
LG