Tautan-tautan Akses

AS Desak Taliban Ikut Pembicaraan Perdamaian dengan Pemerintah Afghanistan


Deputi Menlu AS John Sullivan berbicara dalam pertemuan tingkat tinggi DK PBB tentang Afghanistan di New York, hari Jumat (19/1).

Seorang pejabat senior Amerika telah mendesak Taliban agar terlibat dalam pembicaraan perdamaian dengan pemerintah Afghanistan.

“Kemenangan tidak bisa diraih di medan pertempuran, sebuah solusi harus diupayakan lewat jalur politik,” demikian Deputi Menlu AS John Sullivan dalam pertemuan tingkat tinggi DK PBB tentang Afghanistan hari Jumat (19/1).

“Kita harus menyadari kenyataan bahwa, meskipun pemerintah Afghanistan bertekad kuat mengupayakan pembicaraan perdamaian dengan Taliban, namun tidak ada minat datang dari fihak Taliban,” kata Sullivan. “Hal itu harus berubah,” imbuhnya.

Dia mengatakan, setiap kesepakatan perdamaian harus termasuk komitmen kuat dari Taliban bahwa mereka akan memutuskan hubungan dengan terorisme, menghentikan kekerasan, dan menerima konstitusi Afghanistan.

“Untuk mencapai tujuan ini, kita harus bersama-sama mengisolir Taliban, menghilangkan sumber-sumber pendapatan mereka, dan memperagakan sebuah komitmen yang kompak dan kuat bahwa satu-satunya cara untuk mencapai tujuan mereka adalah di meja perundingan bukan di medan tempur,” demikian ditambahkannya. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG