Tautan-tautan Akses

AS

Dubes AS di PBB: Strategi AS di Afghanistan Bekerja


Duta Besar Amerika untuk PBB Nikki Haley (foto: dok).

Duta Besar Amerika untuk PBB Nikki Haley mengatakan hari Rabu (17/1), strategi pemerintah Trump di Afghanistan bekerja.

Haley menyampaikan hal itu setelah kembali dari misi dua hari Dewan Keamanan PBB ke Afghanistan, di mana para diplomat bertemu Presiden Afghanistan Ashraf Ghani, Chief Executive Abdullah Abdullah dan pejabat senior Afghanistan lainnya.

Agustus lalu, Presiden Amerika Donald Trump mengumumkan strateginya untuk mengakhiri perang yang berlangsung hampir 20 tahun di Afghanistan. Ia akan menempatkan lebih banyak pasukan Amerika ke negara itu dan mengintensifkan tekanan terhadap negara tetangga Pakistan agar tidak menampung teroris. Trump mengatakan kebijakannya tidak akan berpusat pada pembangunan bangsa, tetapi "membunuh teroris."

Awal bulan ini, pemerintah mengumumkan akan menangguhkan bantuan 1,9 miliar dolar ke Pakistan sampai negara itu "bertindak tegas" terhadap Taliban Afghanistan dan kelompok pemberontak Afghanistan yang dikenal sebagai Jaringan Haqqani.

Dana yang dibekukan adalah 1 miliar dolar untuk peralatan militer dan 900 juta dolar lainnya untuk mendanai operasi kontraterorisme.

Haley mengatakan, pemerintah Afghanistan meminta Dewan keamanan untuk lebih memberi tekanan internasional kepada Pakistan agar ikut berpartisipasi dan mengubah perilaku. [ka/al]

XS
SM
MD
LG