Tautan-tautan Akses

Pasukan Irak Hadapi Perlawanan Kuat di Mosul Barat


Polisi federal melancarkan serangan bom ke arah posisi militan ISIS, sementara pasukan keamanan Irak terus bergerak ke arah bandara internasional Mosul, Irak, 24 Februari 2017. (AP Photo / Khalid Mohammed)

Seorang komandan pasukan Irak mengatakan pasukan khusus terus maju dan menghadapi perlawanan kuat dari laskar ISIS yang bercokol dengan kuat di Mosul Barat.

Komandan pasukan khusus Letnan Jenderal Abdul Wahab al-Saadi mengatakan hari Sabtu (25/2) bahwa pasukannya bergerak dengan sangat lambat dan bahwa laskar ISIS membalas dengan bom-bom mobil, penembak tersembunyi dan puluhan drone bersenjata.

Drone tersebut telah menjatuhkan sedikit korban jiwa, tetapi menimbulkan puluhan cedera ringan yang mengganggu laju operasi darat.

Al-Saadi mengatakan ia memperkirakan laju serangan akan meningkat setelah pasukan Irak merebut kembali wilayah dan prasarana di pinggir barat daya Mosul,yang akan memungkinkan mereka memperpendek jalur logistik dan bergabung dengan pasukan Irak di timur kota itu.

Pasukan Iran telah menyatakan Mosul timur sudah “dibebaskan sepenuhnya” bulan Januari setelah dengan resmi melancarkan operasi untuk merebut kembali kota itu bulan Oktober. [gp]

XS
SM
MD
LG