Tautan-tautan Akses

Pasien Kolera Melonjak di Beira, Mozambik


Staf medis mengenakan pakaian pelindung di pusat perawatan kolera yang didirikan di Beira setelah Topan Idai melanda, Mozambik, 29 Maret 2019.

Kasus kolera di antara para korban topan di Mozambik melonjak menjadi 271, kata pihak berwenang pada Sabtu (30/3), hampir dua kali lipat dari angka sehari sebelumnya.

Kantor berita Portugal, Lusa mengutip direktur kesehatan nasional Ussein Isse, yang menyatakan perebakan penyakit diare akut pada Rabu (27/) dari hanya lima kasus.

Laporan itu juga mengatakan belum ada kematian yang dikukuhkan karena kolera. Kasus kolera ditemukan di kota pelabuhan Beira. Anak-anak dan pasien lain meringkuk di tempat tidur yang tidak beralas di pusat perawatan di kota itu pada Sabtu. Sebagian pasien ditemani orang tua yang cemas di sisi mereka.

Mereka diberi infus untuk membantu mengganti cairan yang hilang.

Kelompok Dokter Tanpa Tapal Batas mengatakan pihaknya menyaksikan sekitar 200 kasus kolera per hari di kota itu, di mana para pekerja bantuan bergegas memulihkan sistem air yang rusak dan membawa bantuan medis tambahan.

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan sekitar 900.000 dosis vaksin kolera diperkirakan akan tiba pada Senin (1/4), dengan kegiatan vaksinasi mulai akhir minggu ini.

Kolera disebarkan oleh makanan dan air yang terkontaminasi dan jika tidak diobati bisa menimbulkan kematian dalam beberapa jam. [my]

XS
SM
MD
LG