Tautan-tautan Akses

Vatikan: Paus akan Kunjungi 3 Negara Afrika September


Paus Fransiskus di lapangan Santo Petrus, Vatikan, 27 Maret 2019.
Paus Fransiskus di lapangan Santo Petrus, Vatikan, 27 Maret 2019.

Paus Fransiskus akan mengunjungi tiga negara di benua Afrika, yakni Mozambik, Madagaskar dan Mauritius awal September mendatang.

Dalam pengumumannya hari Rabu (27/3), Vatikan mengatakan, kunjungan Paus Fransiskus dari tanggal 4 hingga 10 September ini akan mencakup perhentian di kota Maputo, Mozambik, Antananarivo di Madagaskar dan Port Louis di Mauritius.

Pada sebuah pidato kenegaraan, Presiden Mozambik Filipe Nyusi mengatakan, negaranya mengundang Paus Fransiskus tahun lalu dan paus tersebut pada prinsipnya menerima undangan itu selama kesehatan mengizinkan.

Ini akan menjadi kunjungan seorang paus untuk kedua kalinya ke negara di Afrika bagian selatan ini sejak Paus Yohanes Paulus Kedua mengunjunginya 30 tahun lalu, untuk membantu negara itu memetakan jalan menuju perdamaian dan rekonsiliasi.

Perang saudara berkecamuk di Mozambik dari 1977 hingga1992. Kini negara itu berusaha pulih dari badai yang meluluhlantakan negara itu bulan ini dan menewaskan sekitar 1.000 orang.

Pihak berwenang Mozambik, Rabu, mengumumkan, kasus kolera pertama yang dikukuhkan. Kasus ini mempersulit usaha-usaha pertolongan bagi hampir 2 juta orang yang menurut PBB sangat membutuhkan bantuan di negara itu. [ab]

XS
SM
MD
LG