Tautan-tautan Akses

Partai Konservatif Pimpinan Merkel Menang Pemilu Negara Bagian


Kanselir Angela Merkel (kanan) dan Armin Laschet, melambai kepada pendukungnya dalam kampanye sehari sebelum pemilu di Aachen, Jerman (13/5).

Partai konservatif pimpinan Kanselir Jerman Angela Merkel hari Minggu (14/5) mengalahkan saingannya partai beraliran tengah kiri dalam pemilu di negara bagian penting di kawasan yang paling padat penduduknya di negara itu.

Hasil pemilihan awal menunjukkan Partai Kristen Persatuan Demokratik mendapat dukungan kuat di Rhine-Westphalia Utara, negara bagian asal dan kubu lama, saingannya Martin Schulz dari Partai Sosial Demokrat yang menantang pemimpin Jerman itu dalam pemilu akhir September nanti.

Schulz hari Minggu mengaku kalah dan mengatakan “Ini hari yang sulit bagi Partai Sosial Demokrat serta hari yang sulit bagi saya pribadi. Saya dari negara bagian ini, di mana kita mendapat kekalahan yang menyakitkan hari ini.”

Ia mendesak partainya agar memusatkan perhatian pada pemilu 24 September dan mengatakan “Kita akan makin mempertajam profil kita. Kita harus melakukannya.”

Hasil-hasil pendahuluan menunjukkan Partai Kristen Demokrat menang 34,5 % suara di Rhine-Westphalia Utara yang berpenduduk 17,9 juta orang hampir seperempat populasi Jerman dengan Partai Sosial Demokrat mendapat 30,5 % suara. Partai lainnya jauh tertinggal dari kedua partai pemimpin itu.

Sekjen partai konservatif Peter Tauber mengatakan Partai Kristen Persatuan Demokrat “telah memenangkan wilayah penting Partai Sosial Demokrat”. [my/al]

XS
SM
MD
LG