Tautan-tautan Akses

Partai Kanselir Merkel Menang Pemilu Negara Bagian


Kanselir Jerman dan Ketua Partai Demokrat Kristen (CDU), Angela Merkel (foto: dok).

Partai kanan- tengah Kanselir Jerman Angela Merkel memenangkan pemilu negara bagian dengan selisih 10 poin hari Minggu (26/3), walaupun kelompok kiri-tengah berharap bisa menggesernya dalam pemilu nasional bulan September.

Golongan Demokrat Kristen Angela Merkel dengan mudah mengalahkan partai Demokrat Sosial di Negara Bagian Saarland, meskipun persaingan diduga akan ketat setelah popularitas partai Demokrat Sosial meningkat dalam pol pendapat umum setelah mencalonkan Martin Schulz, mantan Ketua Parlemen Eropa.

"Angela Merkel dan saya, kami bersaing berdampingan. Kami menunjukkan bahwa kami berkomitmen pada politik regional dan pada masa depan. Penduduk Saarland mendukung hal itu. Dan mereka menunjukkan bahwa mereka tidak ingin main-main dengan sayap kiri. Ini sangat berarti untuk seluruh Jerman," kata Annegret.

Armin Laschet, anggota senior partai CDU mengatakan, kemenangan besar tak terduga di Saarland, negara bagian kecil di perbatasan Perancis dengan jumlah penduduk hanya satu juta, memberi mereka harapan dalam pemilu mendatang yang lebih besar.

Partai SPD menghadapi cobaan pemilu pertamanya sejak pencalonan Schulz pada bulan Januari untuk bersaing dengan Angela Merkel, yang diperkirakan akan mencalonkan diri untuk masa jabatan keempat sebagai kanselir Jerman dalam pemilu nasional bulan September.

"Kenyataan bahwa kami belum mencapai tujuan kami malam ini tidak berarti kami tidak akan bisa mencapai tujuan kami. Tujuan kami adalah mengadakan perubahan dalam pemerintahan federal, dan sudah ada pesan yang jelas kepada kami malam ini, bahwa ini adalah persaingan jangka panjang, bukan jangka pendek," ujar Martin Schulz.

Menurut para analis politik, popularitas Gubernur Saarland tampaknya meningkatkan popularitasnya.

Schulz mengakui ini "bukanlah malam yang bagus" dan "CDU jelas menang" tapi ia mengatakan "tujuan kami adalah mengubah pemerintah federal" tahun ini, dan menyebut kampanye sampai saat itu sebagai lari "maraton, bukan perlombaan jangka pendek."

Partai sayap kanan yang populis dan anti immigrasi, Alternative for Germany, memenangkan enam persen suara, yang berarti sekarang punya wakil di 11 dari 16 majelis negara bagian Jerman. [sp/ii]

XS
SM
MD
LG