Tautan-tautan Akses

Pantai Gading Terima 500.000 Dosis Vaksin COVID-19 


Vaksin COVID-19 tiba di bandara Abidjan, Pantai Gading di bawah program COVAX, Jumat (26/2).

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) mengatakan Pantai Gading menerima 500.000 dosis vaksin COVID-19 pada hari Jumat (26/2), negara kedua yang menerima vaksin melalui program vaksin COVAX, koperasi yang dikelola WHO.

Pengiriman vaksin AstraZeneca ke Abidjan, ibu kota negara di Afrika itu menyusul pengiriman pertama COVAX ke negara tetangga Pantai Gading, Ghana pada hari Rabu (24/2).

Pada jumpa pers rutin badan tersebut di kantor pusatnya di Jenewa, Direktur Jenderal WHO Tedros Adhanom Ghebreyesus mengatakan Nigeria dijadwalkan akan menerima empat juta dosis vaksin AstraZeneca minggu depan.

Tedros mengatakan, “lebih banyak dosis akan dikirimkan ke lebih banyak negara dalam beberapa hari dan minggu mendatang seiring dengan usaha kami mencapai target untuk memulai vaksinasi di semua negara dalam 100 hari pertama tahun ini. Kita sekarang memiliki 43 hari lagi.”

Kepala WHO itu mengatakan program tersebut telah membuat langkah besar, tetapi dia mengaku WHO perlu mempercepat pasokan dan distribusi vaksin, dan beberapa negara terus mendekati produsen vaksin untuk membuat kesepakatan sendiri, yang menurutnya menghilangkan vaksin yang seharusnya dikirim ke fasilitas COVAX. [lt/pp]

XS
SM
MD
LG