Tautan-tautan Akses

AS

Menkeu AS: Negara Maju Harus Bantu Negara-negara Miskin Peroleh Vaksin COVID-19


Menteri Keuangan AS Janet Yellen

Negara-negara paling maju di dunia harus bekerja sama untuk melanjutkan belanja yang mendorong pemulihan pandemi, dan membantu negara-negara miskin memperoleh vaksin COVID-19, kata Menteri Keuangan AS Janet Yellen hari Kamis (25/2).

Dalam perjuangan membantu ekonomi dunia pulih dari krisis, "tugas pertama kita harus membasmi virus" dengan vaksinasi di seluruh dunia, katanya.

Tetapi ia memperingatkan, jangan membuat kesalahan dengan terlalu cepat menghentikan stimulus yang diberikan pemerintah untuk menopang ekonomi mereka.

Negara-negara berkembang memperingatkan, dan hal itu juga diserukan oleh Dana Moneter Internasional (IMF) dan lainnya, bahwa negara-negara terkaya memonopoli pasokan vaksin dunia, meninggalkan negara-negara miskin.

Yellen memperingatkan, hal itu menyebabkan hilangnya nyawa dan menunda pemulihan ekonomi. Ia mendesak agar negara-negara G20 meningkatkan bantuan mereka guna “memenuhi kebutuhan tinggi yang belum terpenuhi" dari inisiatif vaksin dunia seperti COVAX.

Menteri Keuangan AS itu juga mendukung proposal untuk menyalurkan sumber daya ke negara-negara berpenghasilan rendah, melalui mata uang IMF yang dikenal sebagai SDR (Special Drawing Rights) yaitu aset cadangan pelengkap dan dikelola IMF. [ps/jm]

XS
SM
MD
LG