Tautan-tautan Akses

Pangeran Charles Rayakan Ulang Tahun ke-70


Pangeran Charles bersama Garda Wales di Barak Wellington, London, 11 November 2018.

Pangeran Charles merayakan ulang tahun ke-70 pada Rabu (14/11) dengan menghadiri pesta-pesta umum dan pesta pribadi.

Untuk merayakan ulang tahunnya, kantor Pangeran Charles telah mengeluarkan foto-foto baru pewaris takhta Inggris dengan keluarganya.

Putra sulung Pangeran Wales dan Ratu Elizabeth, Charles, lahir di Istana Buckingham pada 14 November 1948. Dia lahir 4 tahun sebelum ibunya, yang kini berusia 92 tahun, naik takhta setelah kematian ayahnya, Raja George VI.

Untuk merayakan ulang tahunnya, Pangeran Charles akan akan menghadiri acara minum teh khusus yang mengundang 70 tokoh inspiratif yang merayakan ulang tahun ke-70 tahun tahun ini. Setelah itu, dia akan menghadiri pesta tertutup yang diselenggarakan oleh Ratu Elizabeth dan dihadiri oleh teman dan keluarga.

Sebagai pewaris takhta Inggris, Charles telah menunggu lebih lama dari para pendahulunya untuk naik takhta menjadi raja dan akan menjadi raja tertua dalam garis keturunan yang sudah berusia 1.000 tahun.

Pangeran Charles di London, 25 Maret 1968. Hari ini, 14 November, Pangeran Charles merayakan ulang tahun ke-70. (Foto: dok)
Pangeran Charles di London, 25 Maret 1968. Hari ini, 14 November, Pangeran Charles merayakan ulang tahun ke-70. (Foto: dok)

Charles telah menggunakan posisinya untuk mengkampanyekan berbagai isu-isu, termasuk perubahan iklim, arsitektur, dan pertanian, seringkali meningkatkan kekhawatiran tentang lingkungan, pendukungnya mengatakan.

“Ketika ibu saya berhasil dan menjadi ratu dan kakek saya meninggal pada usia yang sangat muda yaitu 57 tahun, saya akhirnya menjadi pewaris takhta saat berusia 4 tahun,” kata Charles dalam sebuah film dokumenter BBC yang ditayangkan minggu lalu, dikutip dari Reuters.

Namun, kritikus menuduh beliau tidak pantas ikut campur karena raja Inggris terikat oleh konstitusi tidak tertulis Inggris untuk tetap menghindari politik.

Dalam film dokumenter minggu lalu, Charles mengatakan dia akan berhenti “ikut campur” dalam kampanye yang sangat dia dukung.

Foto baru menunjukkan Charles di taman rumah London-nya, Clarence House bersama dengan istri keduanya, Camila, anaknya, William dan Harry, serta istri mereka, Kate dan Meghan dan juga anak-anak dari William dan Kate, George, Charlotte dan Louis.

Dalam film dokumenter BBC, William mengatakan dia berharap, ayahnya yang pekerja keras itu akan menghabiskan waktu lebih bersama para cucunya. [vp/ft]

XS
SM
MD
LG