Tautan-tautan Akses

Pakistan Tangkap Lima Tersangka Operator al Qaida


Pasukan Keamanan Irak bersiap untuk menyerang al-Qaeda di Ramadi, 115 kilometer (70 mil) barat Baghdad, Irak, 2 Februari 2014. (Foto: AP)

Penguasa di Pakistan timur, Jumat (27/12), mengumumkan pasukan kontra-terorisme berhasil menangkap tersangka operator al-Qaida yang sedang merencanakan serangan terhadap pejabat keamanan.

Operasi di Proovinsi Punjab menyasarkan sebuah fasilitas yang digunakan sebagai sel media dan jaringan pendanaan untuk militan yang terkait dengan afiliasi al-Qaida di kawasan, yakni al-Qaida di Sub-Benua India atau AQIS. Demikian pernyataan dari departemen kontra terorisme tingkat provinsi.

Dijelaskan bahwa kelima tahanan itu adalah anggota penting dari AQIS, dan salah satu adalah pembantu dekat dari “komandan operasi” kelompok militan itu yang berbasis di Afghanistan, serta mengkoordinir kegiatan teroris pada kedua sisi perbatasan kedua negara itu.

Pejabat mengatakan, serangan di Gujranwala itu juga berhasil menyita laptop dengan data enkripsi, ponsel, percetakan, rompi bom bunuh diri, bahan peledak, senjata, termasuk lima pucuk Kalashnikov, amunisi, uang tunai, serta peta dari tempat-tempat yang “sensitif” di Punjab. [jm/pp]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG