Tautan-tautan Akses

Al-Baghdadi Tewas di Provinsi Idlib, Suriah Barat Laut


Foto yang diambil dari video yang dirilis Al-Furqan Media pada 29 April 2019, pemimpin ISIS Abubakar al Baghdadi Abu Bakr al-Baghdadi tampil untuk pertama kali dalam lima tahun untuk video propaganda. (Foto: AFP/ berbagai sumber)

Operasi militer AS pada Sabtu (26/10), yang menewaskan pemimpin kelompok teroris ISIS Abu Bakr al-Baghdadi, dilaporkan dilancarkan di Provinsi Idlib di Suriah barat laut, wilayah yang ditempati beberapa kelompok teroris dan puluhan ribu pejuang asing.

Para pejabat militer Kurdi Suriah mengatakan misi sangat rahasia itu terjadi dekat sebuah desa, sekitar lima kilometer dari perbatasan Suriah-Turki.

"Al-Baghdadi, keluarganya dan sebagian pembantunya bersembunyi di desa Barisha di Idlib utara," kata seorang komandan senior Pasukan Demokratik Suriah (SDF) kepada VOA.

Pejabat SDF itu, yang meminta identitasnya dirahasiakan, menambahkan bahwa pasukan yang dipimpin Kurdi itu memainkan "peranan penting" dalam operasi AS itu dan memberikan "informasi intelijen berharga kepada dinas-dinas intelijen militer AS."

Barisha dan desa-desa di sekitarnya pada umumnya dikuasai oleh kelompok-kelompok ekstremis yang terafiliasi dengan al-Qaida, kata para pakar. [vm/pp]

XS
SM
MD
LG