Tautan-tautan Akses

Iran telah mengirim paling sedikit empat pesawat kargo pangan dan akan terus mengirim lagi ke Qatar setelah pemasok terbesarnya memutuskan hubungan dengan negara yang bergantung impor itu, menurut juru bicara Iran Air, Shahrokh Noushabadi.

Turki juga telah mengatakan negara itu akan menyumbang pangan kepada Qatar di tengah kekhawatiran akan kekurangan pangan setelah Arab Saudi menutup perbatasan darat satu-satunya Qatar, dan melalui itulah Qatar mengimpor sebagian besar pangannya.

Arab Saudi, Uni Emirat Arab, Bahrain dan Mesir memutuskan hubungan pekan lalu dengan Qatar, dengan menuduh negara kecil itu membantu militant Islamis dan Iran, tuduhan yang telah dikatakan oleh Qatar tidak berdasar. Presiden Amerika Donald Trump juga telah mengecam keras Qatar.

Dalam usaha menyanggah tuduhan ini, Qatar membayar $ 2,5 juta kepada perusahan kantor pengacara John Ascroft, yang memegang jabatan Jaksa Agung pada waktu terjadinya serangan 11 September, untuk mengaudit usahanya menghentikan pendanaan terorisme.

Ashcroft diperkirakan akan memimpin langsung usaha perusahaannya yang berbasis di Washington untuk “memeriksa, mem-verifikasi , dan memperkuat seperlunya pematuhan anti-pencucian uang dan pembiayaan kontra-terorisme kliennya, menurut dokumen yang diajukan kepada Departemen Kehakiman.Menteri luar Negeri Amerika Rex Tillerson berbicara melalui telepon Sabtu malam dengan Menteri Luar negeri Turki Mevlut Cavusoglu mengenai sengketa Qatar dan negara-negara tetangganya di Teluk Arab. [gp]

XS
SM
MD
LG