Tautan-tautan Akses

AS

Menhan AS: Penyelesaian Qatar Butuhkan Pertolongan AS


Menteri Pertahanan Amerika Jim Mattis di Pentagon (Foto: dok).

Menteri Pertahanan Amerika Jim Mattis menyebut masalah diplomatik antara Qatar dan beberapa negara sekutu Amerika lain di Timur Tengah “keadaan yang sangat sulit” yang memerlukan pertolongan Amerika untuk menyelesaikannya.

“Saya yakin bahwa Pangeran Qatar Thani mewarisi keadaan yang sulit dan sangat berat, dan ia sedang berusaha mengendalikan masyarakat ke arah yang benar,” kata Mattis kepada para anggota Kongres dalam sidang Komisi Angkatan Bersenjata DPR Senin petang. “Tetapi kita semua sependapat bahwa pendanaan kelompok teroris apapun bertentangan dengan semua kepentingan kita.”

Mattis mengatakan Presiden Donald Trump sedang memusatkan perhatian untuk menghentikan semua pendanaan teroris, termasuk yang disebutnya “pendanaan yang kabur,” yakni pendanaan yang tidak dengan jelas kelihatan untuk teroris.

Ia menambahkan bahwa ia yakin Qatar sedang bergerak ke arah yang benar dalam masalah penghentian pendanaan terorisme dan mengatakan Amerika Serikat perlu menemukan persamaan dasar dengan Qatar karena kepentingan bersama kedua negara. [gp]

XS
SM
MD
LG