Tautan-tautan Akses

Pakar Cuaca Menyebut Badai Irma 'Berpotensi Bencana'


Seorang anggota Komite Operasi Darurat (COE) memantau lintasan Badai Irma di Santo Domingo, Republik Dominika, 5 September 2017.

Karibia dan Florida bagian selatan terletak dalam jalur Irma, yang menurut para pakar cuaca mungkin menjadi badai Kategori 5.

Badai Irma bergerak menuju kawasan disertai angin berkecepatan 297 kilometer per jam, angin paling kuat yang pernah dicatat untuk badai Atlantik.

Peringatan bahaya badai sudah dipasang di bagian-bagian Republik Dominika, Puerto Rico, dan Kepulauan Virgin.

Seorang pakar cuaca mengatakan kepada Associated Press kawasan yang disebut Kepulauan Leeward akan terkena dampak parah. Rangkaian pulau kecil, termasuk Antigua dan Barbuda, Montserrat, dan Guadeloupe – diperkirakan akan menjadi yang pertama merasakan dampak Irma Selasa malam atau Rabu pagi.

Pihak berwenang Puerto Rico telah menyatakan keadaan darurat dan memerintahkan evakuasi. Curah hujan sampai 50 sentimeter mungkin turun di tempat-tempat tertentu dengan gelombang pasang sampai setinggi 6 meter.

“Kami melihat Irma sebagai peristiwa yang sangat signifikan,” kata Ronald Jackson dari Badan Pengelolaan Bencana Karibia. Ia menambahkan, tidak pernah ada kerucut tropis berkembang begitu cepat menjadi badai sebelum tiba di Karibia.

Jalur persis Irma mustahil diramal, tetapi Florida tidak menunggu. Gubernur Rick Scott telah menyatakan situasi darurat, dan wisatawan telah diperintahkan untuk meninggalkan Florida Keys. [ds]

XS
SM
MD
LG