Tautan-tautan Akses

Karibia Bersiap Hadapi Topan Irma


Citra satelit tanggal 4 September 2017 yang diberikan oleh National Oceanic and Atmospheric Administration (NOAA) ini menunjukkan Badai Irma mendekati bagian timur Karibia. Badai Irma berubah menjadi badai Kategori 4 yang kuat pada hari Senin (4/9).

Warga di Kepulauan Leeward bersiap-siap menghadapi Topan Irma yang diperkirakan akan mencapai wilayah itu Selasa malam atau Rabu dini hari, sementara penduduk di kawasan barat laut Puerto Rico sampai Kuba hingga pantai tenggara Amerika mengamati dengan was-was jalur yang akan dilalui oleh badai itu minggu ini.

Pusat Badai Nasional Amerika mengatakan bahwa Irma adalah badai Kategori 4, satu tingkat di bawah kategori yang paling parah, yang berarti akan mengakibatkan angin berkecepatan hingga 230 kilometer per jam, yang akan sangat merusak rumah-rumah, menumbangkan pohon-pohon dan tiang listrik, dan melumpuhkan aliran listrik di daerah-daerah yang terimbas.

Selain kerusakan akibat angin, para peramal cuaca memperkirakan badai ini akan membawa curah hujan 7 sampai 15 sentimeter di Kepulauan Leeward utara, Kepulauan Virgin dan Puerto Rico. Hujan itu bisa menyebabkan banjir bandang dan tanah longsor yang berbahaya.

Para pejabat di Puerto Rico telah mengumumkan keadaan darurat dan mengaktifkan Garda Nasional untuk mengantisipasi kedatangan Irma yang menurut perkiraan akan mencapai wilayah itu Rabu malam.

Di Florida, Gubernur Rick Scott juga mengumumkan keadaan darurat di seluruh negara bagian itu untuk memberikan waktu kepada pihak-pihak terkait setempat untuk mempersiapkan diri menjelang datangnya badai itu.

Tim manajemen bencana Amerika kini sedang menghadapi akibat dari Topan Harvey, yang merupakan badai Kategori 4 ketika mencapai daratan akhir bulan lalu di negara bagian Texas dan mencurahkan hujan yang sangat lebat yang mengakibatkan banjir yang dahsyat. [lt]

XS
SM
MD
LG