Tautan-tautan Akses

Badai Irma Menguat, Dekati Kawasan Karibia


Warga Bayamon, Puerto Rico membeli berbagai peralatan sebagai persiapan untuk melindungi rumah mereka dari badai Irma (4/9).

Badai Irma telah menguat menjadi badai Kategori 5 - ukuran badai paling buruk, demikian menurut National Hurricane Centre, hari Selasa.

Irma adalah badai terbesar yang pernah dicatat oleh National Hurricane Centre di Samudra Atlantik demikian menurut pusat tersebut.

Orang-orang di Kepulauan Leeward, Karibia bersiap-siap menghadapi kedatangan badai Irma Selasa malam atau Rabu dini hari, sementara daerah di barat laut, dari Puerto Rico dan Kuba sampai ke wilayah pantai Amerika Serikat, menunggu di jalur yang akan dilalui badai.

Negara bagian Florida telah mengeluarkan perintah evakuasi untuk Florida Keys mulai Rabu pagi.

Gubernur Florida Rick Scott mengumumkan keadaan darurat di negara bagian tersebut, memobilisasi 100 Anggota Garda Nasional untuk "membantu perencanaan, logistik dan operasi dalam persiapan untuk menghadapi dampak besar Badai Irma."

Kategori 5 Badai Irma berarti angin dengan kecepatan lebih dari 280 kilometer per jam dan akan menimbulkan kerusakan yang parah terhadap rumah-rumah , menumbangkan pohon-pohon dan tiang listrik, serta menyebabkan aliran listrik putus selama berminggu-minggu. [sp]

XS
SM
MD
LG