Tautan-tautan Akses

Orang Tua Greta Thunberg Jadi Ramah Lingkungan untuk Selamatkan Putri Mereka


Remaja aktivis iklim, Greta Thunberg di Stockholm, Swedia, 30 November 2018. (Foto: dok).

Orang tua remaja aktivis iklim, Greta Thunberg, melakukan perubahan besar dalam hidup mereka untuk menyelamatkan putri mereka, bukan dunia.

Ayah remaja itu, Svante Thunberg, mengatakan kepada BBC, Senin (30/12), putrinya mengalami depresi selama tiga hingga empat tahun sebelum akhirnya menggalang serangkaian aksi demonstrasi lingkungan di sekolah.

Ia menceritakan bagaimana aktivis remaja itu jatuh sakit dan berhenti makan dan berbicara dengan orang lain.

Untuk membantu kesembuhannya, ia dan istrinya – penyanyi opera Swedia Malena Ernman – melakukan perubahan signifikan dalam hidup mereka agar menjadi lebih ramah lingkungan.

Svante Thunberg menjadi vegan dan Ernman berhenti melakukan perjalanan udara, “sehingga mengubah seluruh karirnya,” katanya.

“Terus terang, istri saya tidak melakukan itu untuk menyelamatkan iklim. Ia melakukannya untuk menyelamatkan putrinya karena ia tahu seberapa besar artinya pengorbanan itu bagi putrinya,dan kemudian, ketika ia melakukannya, ia melihat bagaimana itu menggairahkan hidup putrinya,” kata Thunberg.

Svante Thunberg sendiri awalnya juga tidak mendukung kegiatan putrinya. “Kami saat itu berpendapat, sungguh gagasan yang buruk membiarkan anak kami berada di garis depan dalam perang melawan perubahan iklim. Anda, sebagai orangtua, tentu tidak menginginkan itu,” katanya. [ab/uh]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG