Tautan-tautan Akses

Greta Thundberg, 'Person of the Year' Majalah Time


Aktivis iklim remaja Swedia Greta Thunberg dalam konferensi iklim PBB COP25 di Madrid, Spanyol, 11 Desember 2019.

Aktivis iklim remaja Swedia Greta Thunberg dinyatakan oleh Majalah Time sebagai "Person of the Year" tahun 2019.

Pemimpin redaksi Edward Felsenthal mengumumkan hal itu saat tampil di acara "Today" di saluran televisi NBC, Rabu (11/12).

“Ia menjadi suara paling keras dalam isu paling besar yang dihadapi planet bumi tahun ini,” kata Felsenthal mengenai remaja yang dianggap memimpin gerakan dunia dalam usaha mengatasi perubahan iklim itu.

Sampul majalah Time bergambar remaja aktivis iklim, Greta Thunberg, yang dinobatkan sebagai "Person of The Year 2019". (Foto: dok).
Sampul majalah Time bergambar remaja aktivis iklim, Greta Thunberg, yang dinobatkan sebagai "Person of The Year 2019". (Foto: dok).

Thundberg merupakan orang termuda yang meraih penghargaan itu, setelah dengan cepatnya berhasil menempatkan diri sebagai salah satu aktivis perubahan iklim paling terkemuka di dunia.

Aksi Jumat Protes yang dilakukannya di luar parlemen Swedia pada jam sekolah sewaktu berusia 15 tahun memicu gerakan dunia dalam memerangi perubahan iklim.

Gerakan itu, yang kini dikenal sebagai “Jumat untuk Masa Depan” mendorong jutaan orang di sekitar 150 negara untuk mengambil tindakan yang mengatasnamakan planet bumi.

Felsenthal mengemukakan, Thunberg, yang kini berusia 16 tahun, memberi inspirasi pada generasi sebayanya untuk berpartipasi melakukan berbagai perubahan di dunia. Paling tidak ini tercermin dalam demonstrasi-demonstrasi yang terjadi di Hong Kong, Chili, Sudan dan Lebanon. [ab/uh]

XS
SM
MD
LG