Tautan-tautan Akses

Nobar Debat Capres di Solo, Tetap Kedepankan Gotong Royong dan Persatuan


Capres 01 Joko Widodo (kiri) berjabat tangan dengan Capres 02 Prabowo Subianto sementara Cawapres 01 Ma'ruf Amin dan Cawapres 02 Sandiaga Uno menyaksikan usai debat pertama di Jakarta, Kamis malam (17/1).

Nonton bareng debat capres Pemilu 2019 ini berlangsung di dua posko pemenangan masing-masing capres yang posisinya hanya dipisahkan jalan raya di Solo. Puluhan polisi berjaga di sekitar lokasi mengantisipasi gangguan keamanan di lokasi yang hanya berjarak puluhan meter dari rumah Presiden Jokowi.

Hujan deras mengguyur lokasi nonton bareng di posko pemenangan capres nomor urut 01 Jokowi – Ma’ruf Amin maupun posko pemenangan capres nomor urut 02 Prabowo-Sandi yang posisinya saling berhadapan dan dipisahkan Jalan Letjen Suprapto Solo,Kamis malam (17/1). Riuh suara pendukung masing-masing capres terdengar saat capres saling berdebat tentang penegakan hukum.

Juru bicara tim Posko Mega Gotong Royong PDI Perjuangan pengusung capres Jokowi-Ma’ruf Amin, Prihartoyo mengatakan nonton bareng yang digelar di posko ini hasil gotong royong kader dan simpatisan.

“Nonton bareng ini kita semua hasil gotong royong, perwakilan pengurus partai politik, kader, hingga simpatisan. Ada yang menyumbang makanan, minuman, meminjamkan televisi, pengeras suara, meja kursi, dan sebagainya.Kita ingin melihat langsung capres yang kami dukung beradu argumentasi, visi maupun misinya,” ujar Prihartoyo.

Nonton Bareng Debat capres perdana di Posko Mega Gotong Royong PDI-P pengusung capres nomor 01 Jokowi-Ma'ruf Amin di Solo, Kamis malam (17/1).
Nonton Bareng Debat capres perdana di Posko Mega Gotong Royong PDI-P pengusung capres nomor 01 Jokowi-Ma'ruf Amin di Solo, Kamis malam (17/1).

Sementara itu, juru bicara posko pemenangan capres Prabowo Sandi, Agus Sahid, mengatakan tetap mengedepankan sikap politik yang dewasa, menjaga persatuan meski masing-masing posko berbeda dukungan politik dan berada di lokasi yang berhadapan.

“Nggak masalah posko kami dekat dengan posko pendukung capres lain. Kita bisa menjaga kerukunan, persahabatan, persatuan dan kesatuan.Tidak akan ada gesekan, ya warga sekitar sini kan juga ada yang mendukung capres pilihan kami ataupun mendukung capres lain.Ini kan juga tetangga kami semua.Kita sudah sadar, beda pendapat, beda pilihan ya boleh, tapi tidak boleh saling ejek, saling hina, atau konflik," tukas Agus Sahid.

Masing-masing posko dipenuhi dengan sekitar 100-an pendukung capres dengan memakai atribut maupun logo partai politik pengusung. Televisi layar lebar dan pengeras suara tersedia di masing-masing lokasi. Aneka makanan dan minuman juga tersedia untuk warga yang hadir di masing-masing posko tersebut.

Nonton bareng Debat Capres perdana di Posko Badan Pemenangan Nasional BPN pengusung capres nomor 02 Prabowo-Sandi di Solo, Kamis malam (17/1).
Nonton bareng Debat Capres perdana di Posko Badan Pemenangan Nasional BPN pengusung capres nomor 02 Prabowo-Sandi di Solo, Kamis malam (17/1).

Debat Perdana Capres di Pemilu 2019 yang disiarkan di berbagai media elektronik ini mengangkat tema Penegakan Hukum, Hak Asasi Manusia, Pemberantasan Korupsi dan Terorisme.

Salah seorang warga di Solo, Haryanto menyaksikan debat capres di televisi yang terpasang di sudut kiosnya di Manahan Solo. Menurut Haryanto, debat perdana ini menarik meski belum menggoyahkan dukungan pilihan pada salah satu capres saat Pemilu 2019 nanti.

“Ya debatnya menarik, saling beradu argumen dan kompetensi.Dari gaya bicara menarik. Saya sudah punya pilihan capres, debat ini belum menggoyahkan pilihan saya, belum mempengaruhi pilihan capres saya,” kata Haryanto.

Nobar Debat Capres di Solo, Tetap Kedepankan Gotong Royong dan Persatuan
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:03:29 0:00

Ada lima kali debat yang digelar Komisi Pemilihan Umum KPU. Debat kedua 17 Februari mendatang akan mengangkat tema Energi pangan, Sumber Daya Alam dan Lingkungan Hidup serta Infrastruktur. Debat ketiga, 17 Maret dengan tema Pendidikan, Kesehatan, ketenagakerjaan serta Sosial dan Kebudayaan. Debat berikutnya, keeempat, akan berlangsung 30 Maret, bertema Ideologi, Pemerintahan, Hankam dan Hubungan Internasional. Debat kelima, bertema Ekonomi dan Kesejahteraan sosial, Keuangan dan Investasi serta Perdagangan dan Industri. (ys/em)

XS
SM
MD
LG