Tautan-tautan Akses

NATO Pukul Mundur Serangan Pemberontak Taliban


Pemberontak menembaki pangkalan Salerno dan Chapman dekat provinsi Khost dengan senapan mesin dan roket, Sabtu dini hari.

Pasukan NATO dan Afghanistan menangkis serangan pemberontak ke dua pangkalan Amerika menewaskan empat penyerang di Afghanistan Timur. Pernyataan NATO mengatakan, pemberontak melepaskan tembakan senapan mesin dan roket menjelang fajar hari Sabtu di dua pangkalan yang berdekatan yakni Salerno dan Chapman di Provinsi Khost.

Pasukan koalisi dan Afghanistan memukul mundur serangan itu, menewaskan 15 orang di Salerno, enam di dekat Chapman serta tiga militan tewas dalam suatu serangan udara ketika mereka berupaya lari dari wilayah itu. Lima lainnya ditahan.

NATO mengatakan, dua pemberontak berhasil melewati pagar yang mengitari Salerno, namun mereka segera dibunuh.

Seorang jurubicara Taliban mengatakan, kelompok militan itu menyerang dengan 30 anggota, termasuk pembom bunuh diri.

NATO mengidentifikasi, setidaknya, salah seorang pemberontak tewas akibat serangan udara. NATO mengatakan, Mudasir, seorang pakar bahan peledak senior yang bekerja untuk jaringan Haqqani yang terkait al-Qaida memfasilitasi serangan bom bunuh diri dari negara tetangga Pakistan.

Dalam perkembangan lain, NATO mengatakan pasukannya telah keliru menewaskan dua orang kontraktor keamanan swasta hari Jumat di provinsi Wardak, Afghanistan tengah.

XS
SM
MD
LG