Tautan-tautan Akses

Musisi Legendaris Kenny Rogers Tutup Usia


Kenny Rogers berpose di belakang panggung setelah menerima penghargaan Willie Nelson Lifetime Achievement di 47th Country Music Association Awards di Nashville, Tennessee, AS, 6 November 2013. (Foto: Reuters/Eric Henderson)

Dunia musik, terutama genre country kehilangan seorang artis legendaris. Berita sedih itu datang pada Jumat malam waktu Amerika atau Sabtu WIB, mengiringi meninggalnya superstar dan artis country legendaris Kenny Rogers dalam usia 81 tahun.

Musisi legendaris pemenang penghargaan Grammy, Kenny Rogers, meninggal dunia pada usia 81 tahun, demikian dikatakan keluarganya, Sabtu (21/3). Penyanyi asal Amerika itu "meninggal dengan damai di rumah karena sebab-sebab alamiah, di bawah perawatan dan dikelilingi oleh keluarganya," menurut pernyataan yang diunggah di laman penyanyi itu, seperti dikutip Reuters.

Keluarga tengah merencanakan pemakaman secara pribadi karena keadaan darurat akibat virus corona di Amerika. Rogers memulai tur "perpisahannya" pada tahun 2016, tetapi pada bulan April 2018 ia membatalkan beberapa pertunjukan terakhir karena terkait masalah kesehatan.

Kenny Rogers! Siapa yang tidak mengenal artis ini, terutama mereka yang gemar musik country? Kenny, terkenal tidak saja di Amerika, tapi di seluruh belahan dunia, termasuk di Indonesia. Artis penyanyi, penulis lagu, aktor, produser rekaman, dan wirausahawan (termasuk dalam bidang kuliner ayam goreng) ini terpilih menjadi salah seorang artis dalam jajaran artis top Country Music Hall of Fame pada 2013.

Mungkin penggemar musik country dan fans Kenny Rogers ada yang ingat lagu yang terdengar sayup-sayup di latar belakang ini, “Love Lifted Me,” yang merupakan single pertama dari album solo pertamanya – bertajuk sama – yang dirilis pada tahun 1976.

Sejak album pertamanya, Kenny Rogers sangat populer di kalangan fans musik country, tetapi juga berhasil merilis lebih dari 120 single yang menjadi hit dan menduduki puncak tangga lagu, tidak saja genre country country tetapi juga pop. Sepanjang karirnya, Kenny Rogers berhasil menjual lebih dari 100 juta rekaman di seluruh dunia (tentunya termasuk di Indonesia) sehingga menjadikannya salah seorang artis musik terlaris sepanjang masa.

Kenny Rogers mengumpulkan seabrek penghargaan, termasuk lima awards, plus Willy Nelson Lifetime Achievement Award, dari Country Music Association (CMA), 10 penghargaan dari Academy of Country Music (ACM), dan banyak lagi lainnya termasuk dari CMT, Grammy, dan bahkan BBC.

Menurut berbagai berita, Kenny Rogers meninggal di rumahnya di Georgia (walaupun dia berasal dari Texas), pada Jumat malam, dalam pendampingan orang-orang tercinta di sekitarnya. Banyak sekali country hits dari artis bersuara serak ini, yang pasti tidak asing di telinga fans musik country, di antaranya, “Gambler,” “Lucille,” “Lady” dan tentu saja yang berikut, salah satu hit yang dibawakan dalam duet bersama sahabat yang sering muncul bersamanya, country queen Dolly Parton, yakni “Islands in the Stream. [ah/lt]

Lihat komentar

XS
SM
MD
LG