Tautan-tautan Akses

Mnangagwa Dilantik Sebagai Presiden Zimbabwe


Emmerson Mnangagwa dilantik sebagai Presiden pada acara peresmian kepresidenan di ibukota Harare, Zimbabwe, Jumat, 24 November 2017.

Emmerson Mnangagwa, Jumat (24/11) dilantik sebagai presiden baru Zimbabwe, mengakhiri 37 tahun pemerintahan otoriter Robert Mugabe.

Awal bulan ini, pada 5 November, Mnangagwa dipecat dari posisinya sebagai wakil presiden di tengah-tengah pergulatan untuk menempatkan istri Mugabe, Grace, sebagai penggantinya.

Dua pekan kemudian, politisi berusia 75 tahun ini diambil sumpahnya sebagai pemimpin negara di kawasan selatan Afrika ini di Stadion Olah Raga Nasional yang berkapasitas 60 ribu orang di Harare. Massa di sana bersorak sorai menyambutnya setelah upacara pelantikan itu.

Dikenal dengan julukan Crocodile, atau Buaya, ia memiliki hubungan erat dengan militer Zimbabwe. Di antara banyak ujian yang ia hadapi adalah membangun kembali ekonomi negara, yang terpuruk setelah hampir empat dasawarsa pemerintahan Mugabe.

Mantan presiden Mugabe dan istrinya, Grace, telah diberi kekebalan dari tuntutan hukum.

Militer mengambil alih institusi-institusi negara setelah Mugabe yang berusia 93 tahun memecat Mnangagwa pada 5 November dan menyatakan ia akan mengangkat istrinya, Grace yang berusia 52 tahun, untuk mengisi jabatan tersebut.

Berbagai organisasi HAM telah menuduh Mugabe mencurangi pemilu, membiarkan korupsi besar-besaran dan bertanggungjawab atas penganiayaan dan pembunuhan ribuan lawan politiknya semasa ia berkuasa. [uh]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG