Tautan-tautan Akses

Hari Ini, Mnangagwa Dilantik Jadi Presiden Zimbabwe


Anggota militer Zimbabwe berparade dalam latihan untuk pelantikan Emmerson Mnangagwa sebagai Presiden Zimbabwe di Stadion Olahraga Nasional di Harare, Zimbabwe, 23 November 2017.

Emmerson Mnangagwa, yang dipecat dari jabatan sebagai wakil presiden Zimbabwe pada 5 November, dilantik sebagai presiden Jumat siang, mengakhiri pemerintahan otoriter Robert Mugabe selama 37 tahun.

Mnangagwa, yang dipecat ditengah-tengah pergulatan untuk menggantikan Mugabe dengan istri Mugabe, Grace, akan dilantik sebelum tengah hari waktu setempat. Upacara dilakukan di Stadion Olahraga Nasional berkapasitas 60 ribu orang di Harare.

Mnangagwa, yang berumur 75 tahun, berada di pengasingan dua minggu sebelumnya. Ia berorasi di depan para pendukung yang bersorak sorai sekembalinya di Harare Rabu malam, dan memberikan pernyataan bernada rekonsiliasi, menghimbau warga Zimbabwe agar “melupakan perbedaan dan membangun Zimbabwe yang baru dan makmur, negara yang toleran pada pandangan yang berbeda-beda.

Dikenal dengan sebutan Crocodile atau Buaya, ia memiliki kaitan erat dengan tentara. Diantara banyak ujian yang akan dihadapinya adalah membangun kembali perekonomian Zimbabwe yang terpuruk akibat kebijakan Mugabe selama hampir empat dasa warsa.

Mantan Presiden Mugabe dan istrinya telah diberi kekebalan dari tuntutan hukum. [ds]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG