Tautan-tautan Akses

Misi Penyelamatan Internasional Diluncurkan untuk Cari Pelaut India yang Cedera


Abhilash Tomy, seorang komandan angkatan laut India (Foto: Courtesy).

Misi penyelamatan multinasional sedang berlangsung untuk membantu seorang pelaut yang cedera yang terdampar di sebelah selatan Samudera Hindia, lebih dari 3.700 kilometer dari lepas pantai Australia bagian barat.

Abhilash Tomy, seorang komandan angkatan laut India berusia 39 tahun, sedang berkompetisi dalam Lomba keliling dunia Golden Globe saat kapalnya diserang badai kuat pada hari ke-82.

Menurut penyelenggara, Tomy berada di posisi ketiga ketika kapal layar Thuriya sepanjang 10 meter yang ditumpanginya dihantam badai, tiangnya patah dan mencederai Tomy.

Penyelenggara mengatakan Tomy sempat mengirim pesan singkat yang mengatakan dia mengalami cedera punggung dan tidak bisa bergerak untuk meraih alat komunikasi yang penting.

Dua pesawat militer dari India dan Australia terbang mencari Thuriya hari Minggu. AL Australia dan India telah mengerahkan kapal-kapal untuk menyelamatkan Tomy dan sebuah kapal patroli ikan Prancis juga bergabung.

Tapi posisi Tomy sangat terpencil sehingga kapal-kapal itu mungkin baru bisa menemukannya Senin atau Selasa.

Seorang peserta lomba asal Irlandia, Gregor McGuckin, yang kapalnya juga rusak akibat badai yang sama, memperbaiki kapalnya dan berupaya meraih Tomy, yang terletak sekitar 90 kilometer dari posisinya.

Lomba Golden Globe Race adalah lomba layar non-stop dimana seorang peserta harus berlayar 48.000 kilometer menglilingi bumi. Peserta dilarang menggunakan perangkat modern kecuali alat komunikasi.

Para peserta berangkat dari Prancis pada 1 Juli. (vm)

Recommended

XS
SM
MD
LG