Tautan-tautan Akses

Serangan di Hotel Mogadishu, Sedikitnya 7 Tewas


Bagian dari Istana Kepresidenan di mana militan Islam Al-Shabab menyerang Hotel Villa Rays, yang dekat dengan istana, di distrik Bondhere, Mogadishu, Somalia, 28 November 2022.
Bagian dari Istana Kepresidenan di mana militan Islam Al-Shabab menyerang Hotel Villa Rays, yang dekat dengan istana, di distrik Bondhere, Mogadishu, Somalia, 28 November 2022.

Serangan terhadap Villa Rays Hotel yang terletak di dekat Istana Kepresidenan di Mogadishu hari Senin (28/11) ini memasuki hari kedua, di tengah laporan-laporan tentang meningkatnya jumlah korban. Pasukan keamanan masih terus melawan pemberontak kelompok militan Al Shabab yang menyerang hotel itu Minggu sore (27/11).

Media-media Somalia melaporkan menteri keamanan federal dan seorang wakil menteri pertahanan merupakan sebagian dari korban luka-luka dalam serangan militan terhadap hotel tersebut, yang hingga kini masih berlangsung. VOA mendapat informasi bahwa sedikitnya tujuh orang tewas.

Hotel ini terletak di sebelah Villa Somalia, kantor presiden dan perdana menteri Somalia.

“Teroris bersenjata terperangkap di dalam sebuah ruangan di gedung itu dan pasukan keamanan akan segera mengakhiri pengepungan … sejauh ini kami telah mengukuhkan kematian empat orang,” kata Mohamed Dahir, seorang pejabat keamanan kepada AFP.

Kantor berita Reuters melaporkan parlemen Somalia membatalkan sidang di kedua majelisnya karena serangan militan terhadap hotel itu.

Militan al-Shabab melancarkan serangan terhadap hotel Villa Rossa, yang berlokasi di daerah aman tidak jauh dari istana presiden di Mogadishu dan penjara yang dioperasikan oleh badan intelijen nasional, kata para saksi mata dan polisi. Hotel itu kerap dikunjungi para pejabat pemerintah dan politisi.

Para saksi mata telah melihat pasukan keamanan khusus bergerak memasuki daerah itu. Polisi mengatakan mereka menyelamatkan banyak warga sipil dan pejabat.

Dalam sebuah postingan di Telegram, kelompok militan itu mengatakan para anggotanya menjalankan misi infanteri bunuh diri.

Serangan tersebut berlangsung sewaktu pasukan pemerintah Somalia yang didukung pejuang lokal melanjutkan ofensif terhadap militan di negara bagian Hirshabelle dan Galmudug.

PM Somalia Hamza Abdi Barre pekan lalu mengatakan pasukan keamanan telah menewaskan lebih dari 600 militan dan melukai 1.200 lainnya dalam operasi militer selama tiga bulan terhadap kelompok itu.

Dalam laporan yang menandai 100 hari pertama kabinetnya, ia mengatakan pasukan keamanan juga telah merebut 68 lokasi dari al-Shabab. “Pemerintah Dan Qaran telah meluncurkan perang tiga kubu, secara militer, ekonomi dan ideologi terhadap Khawarij,” katanya.

Villa Rays Hotel, yang kerap dikunjungi pejabat-pejabat pemerintah, dijaga ketat dan mereka yang ingin memasuki hotel itu diharuskan memiliki izin masuk. [uh/ab], [em/ka]

Recommended

XS
SM
MD
LG