Tautan-tautan Akses

AS

Menteri Pertahanan AS Upayakan Kelanjutan Kebijakan Menuju Asia


Menteri Pertahanan AS Jim Mattis di Pentagon (Foto: dok).

Pemerintahan Trump menghendaki kontinuitas dalam kebijakan Asia, tetap berpegang pada pendekatan yang telah dilakukan pendahulunya dengan menekankan diplomasi dan kerja sama dengan sekutu, kata Menteri Pertahanan AS Jim Mattis, Jumat (2/6).

Mattis memberikan garis besar pendekatan pemerintahan Trump kepada wartawan yang bepergian bersamanya ke Singapura, di mana dia akan menyampaikan pidato kebijakan pada sebuah konferensi keamanan internasional hari Sabtu (dan bertemu dengan beberapa menteri pertahanan Asia.

Dia berbicara tentang “memperkuat tatanan internasional” seraya mengupayakan Asia yang damai, makmur dan bebas, sejalan dengan tujuan kebijakan AS selama ini, tanpa menyebutkan secara khusus tantangan nuklir Korea Utara dan China yang semakin berpengaruh.

Dia diperkirakan akan membahas Korea Utara dan China dalam pidatonya hari Sabtu (3/6).

Presiden Donald Trump menimbulkan keraguan di Asia ketika dia mulai menjabat karena dalam kampanyenya sempat mengkritik Jepang dan Korea Selatan dengan keras karena tidak memberi kontribusi yang pantas sebagai sekutu. Tapi sejauh ini, pemerintahan Trump terlihat lebih mendukung. [as]

XS
SM
MD
LG