Tautan-tautan Akses

Menteri Pertahanan AS Jim Mattis mengatakan tidak berencana untuk "mendesak" Pakistan, namun mengharapkan negara itu memenuhi janjinya untuk melawan teroris, ketika dia memulai kunjungan pertamanya ke Islamabad sebagai kepala Pentagon.

Berbicara di pesawat militer, Mattis mengatakandia tidak berharap akan berkonfrontasi dalam pertemuan hari Senin dengan Perdana Menteri Pakistan Shahid Khaqan Abbasi dan Panglima Angkatan Darat Qamar Javed Bajwa.

"Bukan begitu saya menangani masalah," kata Mattis. "Saya percaya bahwa kita (bisa) bekerja keras untuk menemukan persamaan dan bisa bekerja sama."

Bulan Oktober lalu, Mattis memperingatkan bahwa Amerika Serikat bersedia untuk "sekali lagi" bekerja sama dengan Pakistan sebelum mengambil "langkah apa pun yang diperlukan" untuk menanggapi dugaan negara itu mendukung militan.

Tapi pada hari Minggu, Mattis mengatakan dia fokus pada upaya menemukan "kesamaan ... dengan saling mendengarkan tanpa bersikap agresif."

Amerika Serikat selama satu dekade telah menuduh Pakistan melindungi atau memiliki hubungan dengan teroris, seperti Jaringan Haqqani dan Taliban Afghanistan, yang menyerang pasukan koalisi NATO di negara tetangga Afghanistan.

Islamabad menolak tuduhan tersebut dan mengatakan Washington mengkambinghitamkan Pakistan atas kegagalannya sendiri di Afghanistan, di mana Amerika Serikat mengalami kebuntuan setelah 16 tahun berperang. [as/ii]

XS
SM
MD
LG