Tautan-tautan Akses

Mengapa Tim Sepak Bola Putri AS Mendominasi Kancah Dunia?


Timnas sepak bola putri AS di Balai Kota New York merayakan kemenangan menjuarai Piala Dunia Putri FIFA awal bulan ini. (Foto: AP)

Dalam 28 tahun sejak memenangkan Piala Dunia Sepak Bola Putri FIFA pertama, tim sepak bola putri Amerika telah mendominasi turnamen Piala Dunia, membawa pulang empat Piala Dunia sepakbola, termasuk gelar 2019 yang baru diraih bulan ini dengan kemenangan 2-0 atas tim putri Belanda.

Tim nasional sepak bola putra AS belum berhasil mendekati kesuksesan tim perempuan. Tim sepak bola putra AS bukan hanya belum pernah memenangkan Piala Dunia, mereka bahkan gagal lolos ke Piala Dunia 2018 lalu.

Untuk menyimpulkan mengapa tim sepak bola putri AS mendominasi di kancah dunia sementara prestasi tim sepakbola putra terus mengecewakan, mungkin kita harus melihat kembali ke awal, masa ketika para pemain kelas dunia masa depan – anak-anak perempuan dan laki-laki - pertama kali mulai menunjukkan minat pada atletik.

Negara-negara di dunia pada umumnya memandang olahraga sepak bola sebagai permainan maskulin yang sangat berorientasi pada laki-laki. Namun, berbeda dengan di Amerika, olahraga yang lebih tradisional seperti baseball, bola basket, dan sepak bola Amerika (football) lebih cenderung dipandang sebagai cabang olahraga yang lebih "macho" atau jantan.

Jadi, anak laki-laki Amerika lebih cenderung bermain dalam olahraga yang menunjukkan kejantanan seperti football Amerika, sehingga soccer atau yang dikenal sebagai sepak bola di seluruh dunia itu, sangat populer atau disukai di kalangan anak-anak perempuan AS. [ps/pp]


OCN 28599541 - Anti-Semitism

XS
SM
MD
LG