Tautan-tautan Akses

Belanda Lolos ke Final Piala Dunia FIFA Putri untuk Pertama Kali


Gelandang Belanda, Jackie Groenen dan Lieke Martens merayakan kemenangan mereka dalam laga semifinal turnamen sepak bola Piala Dunia Putri FIFA antara Belanda dan Swedia di Stadion Groupama, Lyon, Perancis, 3 Juli 2019. (Foto: Reuters)

Tendangan jarak jauh Jackie Groenen mengirim tim nasional sepak bola putri Belanda ke final Piala Dunia untuk pertama kali. Juara Piala Eropa itu berhasil mengalahkan Swedia 1-0 setelah perpanjangan waktu pada Rabu (3/7).

Gelandang berusia 24 tahun itu mencetak gol pada menit ke-99 saat dia mengambil tendangan yang memantul keluar gawang dan kemudian dengah lihai menendang kembali ke gawang, kantor berita Reuters melaporkan. Gol tunggal itu mempertemukan Belanda dengan juara bertahan Amerika Serikat pada laga final Minggu (7/7).

“Saya melihat sudut yang apik. Kami sudah membahas hal itu selama beberapa minggu bahwa saya harus mencoba lebih sering mencetak gol. Bola itu datang dengan tepat dan saya “ayo lakukan,” kata Groenen.

“Kami akan beristirahat, tapi sekarang pesta dulu. Minggu adalah laga final – tak bisa dipercaya,” kata pelatih Belanda, Sarina Wiegman, yang juga mantan gelandang timnas Belanda.

Laga semalam juga menandai untuk pertama kalinya pertandingan semi-final Piala Dunia Putri berjalan dengan penambahan waktu. Dan, hal itu membuktikan persaingan ketat antara Belanda dan Swedia. Terakhir kali kedua tim itu bertemu adalah perempat final Piala Eropa 2017 ketika Belanda menang 2-0 sebelum kemudian memenangkan pertandingan.

Meski baru mengikuti kompetisi Piala Dunia untuk kedua kalinya, Belanda sudah menorehkan prestasi dengan bersua juara dunia tiga kali pada Minggu (7/7) nanti.

Sementara itu, Swedia akan menghadapi Inggris di Nice untuk memperebutkan juara ketiga pada Sabtu (6/7). [ft]

Opini Anda

Tunjukkan komentar

XS
SM
MD
LG