Tautan-tautan Akses

Kalahkan Belanda 2-0, Tim Sepakbola Putri AS Juara Piala Dunia 


Megan Rapinoe (tengah) dan timnas putri Amerika merayakan kemenangan setelah menjuarai Piala Dunia Sepakbola putri di Lyon, Perancis, Minggu (7/7).
Megan Rapinoe (tengah) dan timnas putri Amerika merayakan kemenangan setelah menjuarai Piala Dunia Sepakbola putri di Lyon, Perancis, Minggu (7/7).

Tim nasional putri Amerika berhasil mengalahkan timnas Belanda, 2-0, dalam babak final sepakbola putri yang memperebutkan Piala Dunia, di Lyon, Perancis, dan mengamankan gelar juara Piala Dunia untuk keempat kalinya serta memenangkan setiap pertandingan untuk pertama kalinya.

Dalam perjuangan menuju final, Amerika mengalahkan empat tim Eropa lainnya – Swedia, Spanyol, Perancis dan Inggris – dan semakin mendominasi permainan pada hari Minggu (7/7) ketika bertarung melawan juara Eropa, Belanda.

Analis sepakbola mengatakan tim nasional putri Amerika yang maju ke Piala Dunia menjadi favorit karena permainan dan pengalaman dibanding tim nasional Belanda.

Salah satu pemain top Amerika, Megan Rapinoe, yang juga unggul dalam semifinal atas Inggris meski sempat mengalami cedera ringan, mencetak gol pertama untuk tim Amerika lewat tendangan pinalti di menit ke 61. Rose Lavelle menambah gol berikutnya pada menit ke 69, yang memastikan kemenangan mereka.

Amerika juga memenangkan gelar juara dunia pada tahun 1991, 1999 dan 2015 ; serta meraih medali emas dalam Olimpiade tahun 1996, 2004, 2008 dan 2012. Jerman adalah satu-satunya negara yang telah memenangkan beragam Piala Dunia untuk tim sepakbola perempuan pada tahun 2003 dan 2007.

Meskipun keberhasilannya mendapat sambungan luar biasa di Amerika, tim sepakbola perempuan Amerika kini sedang menuntut federasi sepakbola untuk memperoleh gaji yang sama dengan tim sepakbola laki-laki yang bahkan kurang berhasil.

Gaji pemain sepakbola perempuan per tahun 30.000 lebih kecil dibanding pemain sepakbola laki-laki. Para pemain di tim sepakbola perempuan Amerika sepakat untuk mengajukan arbitrase sebelum akhir turnamen ini.

Federasi sepakbola memberi bonus 5,4 juta dolar kepada tim sepakbola laki-laki ketika kalah di babak 16 Piala Dunia tahun 2014. Sementara tim sepakbola perempuan hanya diberi bonus 1,7 juta dolar, meskipun memenangkan Piala Dunia tahun 2015.

Rapinoe juga berselisih dengan Presiden Amerika Donald Trump, dengan mengatakan tidak akan menerima undangan untuk datang ke Gedung Putih jika tim sepabola perempuan Amerika memenangkan Piala Dunia 2019 ini, sebangai tentangan terhadap kepresidenan Trump.

Trump menanggapi hal itu dengan mengatakan “Megan seharusnya MENANG sebelum BICARA,” dan mengundang seluruh tim ke Gedung Putih, kalah atau pun menang. (em/al)

XS
SM
MD
LG