Tautan-tautan Akses

Mantan Pemimpin Catalonia akan Penuhi Perintah Penangkapan


Presiden Catatan terguling, Carles Puigdemont, tampak dalam layar monitor saat wawancara Televisi di layar TV sebuah bar di Brussels, Belgia, 3 November 2017.

Mantan pemimpin wilayah Catalonia di Spanyol menyatakan siap bekerja sama dengan pihak berwenang Belgia setelah pihak berwenang Spanyol mengeluarkan keluar surat perintah penangkapan untuk dirinya.

Carlos Puigdemont menulis di Twitter, Sabtu (4/11), "Kami siap bekerja sama sepenuhnya dengan peradilan Belgia menyusul surat perintah penangkapan Eropa yang dikeluarkan Spanyol."

Hakim Spanyol mengeluarkan surat perintah penangkapan Puigdemont sehari setelah memenjarakan delapan anggota pemerintah separatis wilayah itu sambil menunggu kemungkinan dakwaan karena mendeklarasikan kemerdekaan pekan lalu.

Puigdemont yang diyakini berada di Belgia, tidak merinci atau menyebut keberadaannya saat ini, meskipun ia dan beberapa pembantunya melarikan diri ke Brussels pekan lalu setelah dipecat dari jabatan oleh pihak berwenang Spanyol.

Hakim Pengadilan Tinggi mengajukan permintaan kepada jaksa Belgia untuk menahan Puigdemont dan empat pembantunya, dan secara terpisah mengeluarkan surat perintah pencarian dan penangkapan internasional untuk memberitahu Interpol, jika mereka meninggalkan Belgia.

Jaksa federal Belgia mengatakan telah menerima surat perintah penangkapan itu dan mungkin menanyai Puigdemont dalam beberapa hari mendatang.

Warga Belgia yang menjadi kuasa hukum Puigdemont tidak menjawab permintaan komentar, tetapi mengatakan kliennya akan menolak ekstradisi ke Spanyol tanpa mencari suaka politik.

Puigdemont dan empat lainnya diburu untuk lima kejahatan, termasuk pemberontakan, penghasutan dan penggelapan dalam penyelidikan Spanyol mengenai peran mereka dalam mendorong pemisahan Catalonia. [ka]

XS
SM
MD
LG