Tautan-tautan Akses

Para Tokoh Separatis Catalonia Minta Madrid Bebaskan Anggotanya dari Penjara


Seorang demonstran melambaikan bendera Catalan pro-kemerdekaan di luar Palau Generalitat, dalam sebuah demonstrasi menentang keputusan hakim untuk memenjarakan mantan anggota pemerintah Catalan, di Barcelona, Spanyol, Jumat, 3 November 2017.

Seorang pemimpin salah satu partai pro-kemerdekaan terbesar Catalonia mengatakan para anggota partai hanya akan turut dalam pilkada dalam waktu dekat kalau pihak berwenang Spanyol membebaskan kaum separatis Catalonia yang dipenjarakan.

Sekjen Republiken Kiri, Marta Rovira, mengatakan hari Sabtu bahwa supaya partai mereka dapat menurunkan calon-calon dalam pilkada bulan Desember, “semua tahanan politik harus dibebaskan dari penjara.”

Seorang hakim Spanyol telah mengirim delapan mantan anggota pemerintah daerah Catalonia yang diberhentikan dan dua pemimpin kelompok separatis ke penjara ketika mereka diselidiki atas kemungkinan tuduhan makar dan pemberontakan.

Kejaksaan sedang mempertimbangkan tuduhan bagi semua anggota pemerintah yang diberhentikan atas keterlibatan mereka dalam pembuatan proklamasi kemerdekaan oleh parlemen Catalonia.

Ketua Republiken Kiri Oriol Junqueras, mantan wakil presiden pemerintah Catalonia, termasuk di antara para pejabat yang diberhentikan dan berada dalam penjara Madrid sejak Kamis. [gp]

XS
SM
MD
LG