Tautan-tautan Akses

Hakim Spanyol Pertimbangkan Perintah Penangkapan untuk Mantan Pemimpin Catalan


Pemimpin terguling Catalonia Carles Puigdemont di Press Club Brussels Europe di Brussels, Belgia, 31 Oktober 2017. (Foto: dok).

Seorang hakim Spanyol sedang mempertimbangkan untuk mengeluarkan surat perintah penangkapan internasional terhadap pemimpin terguling Catalonia Carles Puigdemont terkait usaha kawasan itu untuk memerdekakan diri.

Puigdemont terbang ke Brussels dengan empat anggota kabinetnya pekan ini seteah pihak berwenang Spanyol memecat dirinya dan 13 anggota kabinetnya karena bersikeras mengupayakan pemisahan Catalonia dari Spanyol.

Jika surat penangkapan itu dikeluarkan, Puigdemont akan berusaha menolak ekstradisi tanpa berusaha memperoleh suaka politik, kata pengacara Puigdemont di Belgia.

Puigdemont dijadwalkan tampil di Pengadilan Nasional Spanyol, Kamis, untuk menjawab tudingan melakukan pemberontakan yang diajukan jaksa Spanyol, namun ia tidak menghadiri sidang itu.

Hakim tersebut memenjarakan sembilan mantan anggota pemerintah separatis Catalonia, Rabu (1/11). Mereka diselidiki atas tuduhan melakukan pemberontakan, provokasi dan korupsi terkait usaha mereka untuk melepoaskan wilayah mereka dari Spanyol. Belakangan ia membebaskan salah satu dari mereka dengan uang jaminan $58.300.

Dalam pidato singkatnya dari Brussels yang diudarakan televisi regional Catalan, TV3, Puigdemont menyerukan pembebasan pemerintah sah Catalonia sementara ratusan orang di luar gedung parlemen Catalonia juga mengungkapkan seruan serupa. [ab/lt]

XS
SM
MD
LG