Tautan-tautan Akses

AS

Mantan Menaker AS Jadi Ketua Partai Demokrat


Mantan Menteri Tenaga Kerja AS Tom Perez dalam sidang umum Partai Demokrat di Atlanta, Georgia (25/2). (AP/Branden Camp)

Mantan menteri tenaga kerja AS Tom Perez terpilih sebagai ketua Komite Nasional Demokratik (DNC) hari Sabtu, dan akan mengemban tugas berat untuk membangun kembali sebuah partai yang mengalami kekalahan dalam pemilihan presiden.

Ke-474 anggota DNC melakukan pemungutan suara di Atlanta. Perez, yang menjabat di bawah pemerintahan Presiden Barack Obama, dan anggota Kongres Keith Ellison dari Minnesota merupakan dua kandidat terdepan dalam pemilihan ketua DNC itu.

Perez memenangkan pemungutan suara dengan angka 235 banding 200.

Tidak lama setelah pemilihannya, Perez mengangkat Ellison sebagai wakil ketua partai, dan para anggota DNC meratifikasi pilihannya itu.

Perez, seorang politisi moderat, adalah seorang imigran asal Dominika. Ellison, seorang progresif, merupakan Muslim pertama yang menjadi anggota Kongres.

Perez berjanji untuk membantu merevitalisasi sebuah partai yang “menderita krisis kepercayaan, krisis relevansi” pasca pemilihan Donald Trump sebagai presiden AS. [vm]

XS
SM
MD
LG