Tautan-tautan Akses

Mantan Jubir Taliban Pakistan: India, Afghanistan Dukung Serangan Terhadap Pakistan


Mantan juru bicara Taliban Pakistan, Ehsanullah Ehsan (Foto: dok).

Pemimpin pusat dan mantan juru bicara Taliban Pakistan, Ehsanullah Ehsan, mengatakan, pasukan keamanan Afghanistan dan dinas intelijen mereka, NDS, bekerjasama dengan dinas intelijen India mendukung serangan teroris lintas perbatasan terhadap Pakistan.

Dalam video pengakuan yang dirilis militer Pakistan, pemimpin militan itu mengatakan, ia juga berpartisipasi dalam aktivitas-aktivitas anti-pemerintah dari tempat persembunyiannya di wilayah Afghanistan dan menyerahkan dirinya secara sukarela ke militer Pakistan.

Belum ada tanggapan dari pemerintah Afghanistan dan para pejabat India atas tuduhan yang disampaikan Ehsan terhadap mereka, meskipun Kabul dan New Delhi sebelumnya sama-sama membantah tuduhan Islamabad bahwa mereka mendanai serangan teroris di wilayah Pakistan.

Seorang juru bicara militer Pakistan mengumumkan pekan lalu, Ehsan menyerahkan dirinya ke pasukan keamanan namun tidak bersedia mengatakan di mana dan bagaimana mereka menahan pemimpin militan itu.

Para pejabat Pakistan menggambarkan penangkapan atau penyerahan diri itu sebagai kesuksesan besar dalam operasi kontra-terorisme, dan berharap informasi yang diperoleh dari Ehsan akan membantu mengikis lebih lanjut aktivitas Taliban Pakistan di negara itu. [ab/as]

XS
SM
MD
LG