Tautan-tautan Akses

Mantan Dubes AS untuk PBB 'Perang Cuitan' Soal Layanan Kesehatan Finlandia


Mantan Dubes AS untuk PBB, Nikki Haley saat berada di markas PBB di Manhattan, New York, 20 September 2018. (Foto: dok).

Mantan Duta Besar Amerika untuk PBB Nikki Haley terlibat dalam perang cuitan di Twitter pada hari Kamis (21/3), setelah dia berkomentar buruk tentang sistem perawatan kesehatan di Finlandia.

Nikki Haley, politisi cerdas yang sebagai duta besar PBB pilihan Presiden Donald Trump dari 2017 hingga Desember 2018, secara teratur menduduki puncak jajak pendapat sebagai anggota kabinet paling populer, menyulut perang cuita di Twitter setelah dia menjawab cuitan kandidat presiden dari Partai Demokrat, Senator Bernie Sanders tentang layanan kesehatan bagi semua.

Sanders, yang telah menjadikan perawatan kesehatan universal sebagai salah satu platform andalannya, mengatakan rata-rata diperlukan biaya $12.000 bagi seorang wanita untuk melahirkan bayi di Amerika Serikat, sementara di Finlandia biayanya hanya $60.

Nikki Haley, yang disebut-sebut sebagai bintang yang sedang naik daun di Partai Republik dan berpotensi menjadi kandidat presiden pada tahun 2024, membalas cuitan itu dengan mengatakan, “Biaya perawatan kesehatan terlalu tinggi itu benar tetapi membandingkan kami dengan Finlandia itu konyol. Tanyakan kepada orang Finlandia bagaimana kualitas perawatan kesehatan mereka. Anda tidak akan menyukai jawaban mereka."

Cuitan itu segera menuai banyak tanggapan. Ratusan orang mengidentifikasi diri mereka sebagai orang Finlandia dan menanggapinya dengan menyatakan bahwa mereka senang dengan sistem perawatan kesehatan di negara mereka dan menawarkan statistik serta anekdot tentang betapa baiknya sistem itu.

Mantan Dubes AS untuk PBB 'Perang Cuitan' Terkait Layanan Kesehatan Finlandia
mohon tunggu

No media source currently available

0:00 0:02:31 0:00

Walaupun tarif pajak penghasilan pribadi sangat tinggi di Finlandia, yakni 51,60 persen, warga Finlandia mendapatkan banyak layanan, bukan hanya perawatan kesehatan, tetapi untuk ibu baru, sistem ini memberikan layanan yang komprehensif.

Sementara biaya untuk pasien yang melahirkan hanya $60, pemerintah membayar sisa biayanya. Selain itu, ibu baru menerima paket murah dengan pakaian dan produk perawatan bayi. Ibu dan bayi juga mendapatkan pemeriksaan medis gratis. Penitipan bayi mendapat disubsidi dan para ibu mendapatkan cuti hamil selama empat bulan.

Menurut Organisasi Kesehatan Dunia, Finlandia memiliki tingkat kematian ibu terendah di dunia.

Mantan rekan Nikki Haley di PBB, Duta Besar Finlandia Kai Sauer, juga mengirimkan serangkaian cuitan di Twitter yang membanggakan sistem perawatan kesehatan di negaranya. Dia mencatat, selain prestasi tentang pencegahan kematian ibu, Finlandia memiliki tingkat kematian bayi terendah ketiga di dunia dan tingkat kematian terendah kedua akibat kanker di Uni Eropa.

Sejak meninggalkan posisinya di PBB pada akhir Desember, 2018, Nikki Haley telah menghabiskan banyak waktunya bersama keluarga di negara bagian South Carolina, di mana sebelumnya ia menjabat sebagai gubernur.

Bulan lalu, pabrik pesawat terbang Boeing mengumumkan bahwa mereka telah menominasikan Haley untuk bergabung dalam dewan direksi perusahaan itu. Pemegang saham Perusahaan akan menentukan dengan pemungutan suara apakah mereka akan memberinya jabatan itu dalam rapat pemegang saham tahunan pada 29 April mendatang. [lt]

XS
SM
MD
LG