Tautan-tautan Akses

Ivanka Trump dan Nikki Haley, Calon Kuat untuk Jabat Presiden Bank Dunia


Putri Presiden Donald Trump, Ivanka termasuk di antara calon kuat untuk menggantikan Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim (foto: dok).
Putri Presiden Donald Trump, Ivanka termasuk di antara calon kuat untuk menggantikan Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim (foto: dok).

Mantan Duta Besar Amerika untuk PBB Nikki Haley dan putri Presiden Donald Trump, Ivanka adalah calon-calon kuat Amerika untuk menggantikan Presiden Bank Dunia Jim Yong Kim yang mengundurkan diri sebelum habis masa jabatannya, kata harian Financial Times hari Jumat (11/1).

Kim tiba-tiba mengumumkan pengunduran dirinya hari Senin, lebih dari tiga tahun sebelum masa jabatannya yang kedua berakhir.

Selain Ivanka dan Haley, yang mengundurkan diri sebagai Dutabesar Amerika untuk PBB bulan lalu, juga ada nama wakil menteri keuangan David Malpass dan Mark Green, kepala badan pembangunan internasional Amerika atau USAID.

Tahun 2017 Ivanka Trump dilaporkan telah mendorong penciptaan dana sebesar satu milyar dollar yang didukung Arab Saudi untuk membantu perkembangan wiraswasta perempuan.

Sesuai dengan peraturan yang tidak tertulis, Amerika sebagai pemegang saham terbesar selalu memilih kepala bank dunia itu sejak pembentukannya setelah Perang Dunia II.

Bank Dunia mengatakan hari Kamis akan mulai menerima pencalonan kepalanya yang baru bulan depan dan akan menentukan pengganti Kim pertengahan bulan April. (ii)

XS
SM
MD
LG